4 Nama Jalan Jakarta yang Berawalan Pal, Ini Makna dan Kisahnya

Rabu, 06 September 2023 - 13:32 WIB
Beberapa nama jalan di Jakarta yang berawalan dengan Pal memiliki makna dan kisah unik. Foto/SINDOnews/Yulianto
JAKARTA - Sedikitnya ada empat nama jalan di Jakarta yang berawalan dengan Pal. Kata Pal merupakan serapan dari bahasa Belanda, yaitu Paal yang memiliki arti sebagai penanda atau batas daerah.

Banyak serapan dari bahasa Belanda di dalam bahasa Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari sejarah penjajahan Belanda di Batavia kala itu. Termasuk nama jalan yang berawal dari kata Pal.

Berikut ini deretan nama jalan di Jakarta yang berawal dari kata Pal.

Nama Jalan Jakarta yang Berawalan Pal



1. Palmerah





Jalan Palmerah adalah salah satu nama jalan yang ada di Jakarta. Jalan ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Jalan Palmerah Barat, Jalan Palmerah Utara, Jalan Palmerah Timur, dan Jalan Palmerah Selatan.

Penamaan jalan ini tak luput dari kisah yang beredar. Kala itu pemerintah Belanda memasang patok atau pal berwarna merah untuk dijadikan sebagai penanda batas wilayah Batavia dan Buitenzorg (Bogor).



Pal merah yang dipasang itu juga digunakan untuk jalur Gubernur Jenderal Batavia untuk bepergian dari Batavia ke Buitenzorg menggunakan kereta kuda. Selain itu, kawasan ini juga menjadi tempat beristirahat untuk minum kuda rombongan Gubernur Batavia yang kini dikenal dengan nama Pos Pengumben.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More