4 Nama Jalan Jakarta yang Berawalan Pal, Ini Makna dan Kisahnya

Rabu, 06 September 2023 - 13:32 WIB
2. Palputih

Selanjutnya ada Palputih. Palputih adalah nama sebuah jalan yang berada di Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Jalan ini terletak di sebelah timur Halte Transjakarta Pal Putih, yang merupakan salah satu halte bus di Koridor 5 yang membentang dari utara ke selatan.

Pal putih sendiri memiliki artian patok berwarna putih. Patok tersebut juga digunakan pemerintah belanda sebagai penanda suatu tempat, dalam hal ini adalah halte busway.



3. Palbatu



Jalan Palbatu merupakan salah satu nama jalan yang terdapat di Jakarta Selatan, tepatnya di Kecamatan Kebayoran Baru. Jalan ini berada di sebelah barat Jalan Wolter Monginsidi dan sebelah timur Jalan Kyai Maja.

Palbatu kini dikenal sebagai Kampung Batik Betawi yang berlokasi di Jakarta. Nama Palbatu juga menjadi nama jalan untuk kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.



4. Palmeriam



Jalan Palemerian sendiri terletak di di Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Jalan ini berbatasan langsung dengan Kelurahan Paseban di sebelah utara dan Kelurahan Kebon Manggis di sebelah baratnya.

Dalam sejarahnya, nama Palmeriam berasal dari sebuah peristiwa sejarah yang saat itu pasukan Inggris menyerang Batavia. Mereka meletakkan meriam yang siap tembak di sebuah daerah. Masyarakat tahun 1813-an yang terkesan dengan peristiwa tersebut kemudian menamainya dengan kawasan Palmeriam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More