Rumah Penampung Pendonor Ginjal di Bekasi Disewa Septian Taher: Kini Beralih ke Akmal

Rabu, 21 Juni 2023 - 18:40 WIB
Seorang warga melintas di depan rumah yang diduga menjadi tempat penampungan pendonor ginjal di Kabupaten Bekasi. Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
BEKASI - Rumah kontrakan di Perumahan Villa Mutiara Gading, Blok FV Nomor 5 RT 3 RW 18, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, diduga menjadi tempat penampungan bagi pendonor ginjal ilegal yang akan berangkat ke Kamboja. Pemilik kontrakan mengungkapkan rumah itu disewa oleh pria bernama Septian.

Pemilik Kontrakan bernama Sudirman (47) menjelaskan, awalnya rumah itu kosong. Kemudian, dirinya memutuskan untuk mengontrakkan rumahnya dengan memasang iklan di depan rumah. Tak lama kemudian, istrinya dihubungi oleh seseorang bernama Septian Taher.





"Yang kontrak pertama kali atas nama Septian Taher," kata Sudirman kepada wartawan, Rabu (21/6/2023).

Septian, jelas dia, merupakan warga yang sebenarnya sudah mengontrak persis di kosan berpetak tepat di rumah kontrakan miliknya. Sudirman menjelaskan, Septian ingin pindah karena kosan petak saat itu tidak bisa menampung banyak orang.

"Istri saya tanya, kalian darimana, lalu mereka menjelaskan dari kosan depan. Karena mereka kepanasan di atas orangnya lima enam orang, mereka berminat," kata dia.

Sudirman selanjutnya menjelaskan, kosan kemudian beralih kepada pria yang disebut bernama Akmal. Septian saat itu memberikan alasan bahwa dirinya ingin bekerja di Bali.

"Beberapa bulan (setelah mengontrak) kemudian datanglah namanya Akmal itu dan Septian memberitahukan bahwa untuk sementara akan bekerja di Bali, dan temannya (Akmal) yang akan melanjutkan pembayaran selanjutnya," jelas dia.

Sudirman mengaku tidak menaruh curiga kepada dua pria tersebut lantaran mampu berbaur dengan warga sekitar. Terkait tamu yang disebut banyak berdatangan, ia pun hanya mengira bahwa tamu biasa.



"Kalau mereka ada yang bertamu kita pengertiannya kan orang bangunan kan, grup sana sini, jadi mana tahu kita," tuturnya.
(mhd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More