Ini Alasan Lurah Rawa Buntu Coret Batas Gang Besan di Surat Pengecekan Tanah

Sabtu, 18 Februari 2023 - 02:25 WIB
Lurah Rawa Buntu, Harun mmencoret Gang Besan, Rawa Buntu, Serpong, Tangsel sebagai batas wilayah lahan atas permintaan pemilik lahan.Foto/MPI/Hambali
TANGERANG SELATAN - Lurah Rawa Buntu, Harun menyampaikan alasan mencoret Gang Besan, Rawa Buntu, Serpong , Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai batas wilayah lahan milik pengusaha. Pencoretan itu dilakukan atas permintaan pemilik lahan.

Dalam surat berita acara pengecekan tanah yang ditandatangani warga hingga Lurah Rawa Buntu, Gang Besan dicoret sebagai batas wilayah lahan milik pengusaha.

Lurah Rawa Buntu, Harun mengatakan, sengaja mencoret keterangan Jalan Gang Besan sebagai batas wilayah sisi selatan dari lahan pengusaha.

"Memang saya yang coret, disuruh pemilik. Karena kan saya enggak paham apa-apa, jadi karena pemilik dasarnya sertifikat ya sudah saya ikutin aja," kata Harun pada Jumat (17/2/2023).

Harun menuturkan, permohonan untuk pengecekan tanah di lokasi diajukan oleh pengusaha melalui perwakilannya bernama Bayu Supranoto. Bahkan alat untuk mengukur lahan sengaja dipinjamkan oleh Bayu kepada pegawai kelurahan yang mengukur lahan itu.



Dia menyadari, bahwa pegawai kelurahan tak punya kapasitas mengukur serta memastikan batas-batas kepemilikan tanah. Namun karena permohonan pengecekan telah diajukan kepada kelurahan, maka pihaknya pun menyanggupi.

Untuk diketahui surat pengecekan tanah itu ditandatangani sejumlah saksi di antaranya Ketua RT 02, Ketua RT 03, Ketua RW, Babinsa, Binamas, hingga Lurah Rawa Buntu Harun. Surat itu diterbitkan sebagai hasil pengecekan dan pengukuran lahan milik pengusaha bernama David.

Pengecekan tanah dilakukan pada Jumat, 15 Juli 2022 oleh pihak kelurahan. Berita acara itu menyebutkan batas-batas tanah berdasarkan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 145 Tahun 1982 atas nama David.

Tertera dalam surat berita acara itu batas lahan milik pengusaha, yakni sisi utara berbatasan dengan kampus Stikes Banten, sisi timur berbatasan dengan jalan, sisi selatan berbatasan dengan jalan gang (Gang Besan), lalu sisi barat berbatasan dengan Stikes Banten.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More