4 TPA Sampah di Bodetabek, Nomor 1 Mampu Tampung 7.000 Ton per Hari

Sabtu, 28 Januari 2023 - 14:59 WIB
Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Setidaknya ada 4 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). Sampah merupakan salah satu permasalahan di Ibu Kota Jakarta hingga kota-kota penyangga.

Mayoritas sampah di Jabodetabek terkumpul di Bantargebang, Bekasi. Berikut 4 TPA sampah di Bodetabek, Sabtu (28/1/2023):

Baca juga: Tumpukan Sampah di TPST Bantargebang Setara Gedung 16 Lantai

1. TPST Bantargebang, Bekasi

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi dimiliki Pemprov DKI Jakarta, lokasinya saja yang berada di Bekasi. TPST Bantargebang mempunyai luas area 110,3 hektare dan mulai beroperasi tahun 1989. Jumlah volume sampah yang masuk TPST Bantargebang mencapai 6.500-7.000 ton per hari.



Fasilitas Landfill Mining dan Refused Derived Fuel (RDF) di TPST ini akan dioperasikan pada 2023. Diketahui, landfill mining bertujuan mengurangi sampah yang tertimbun pada zona landfill.

Sampah berpotensi diolah menjadi sumber energi baru atau akan diolah menjadi RDF (Refuse Derived Fuel). Di TPST ini juga terdapat fasilitas Instalasi Pengolahan Air Sampah (IPAS).

2. TPA Cipayung, Depok

Volume sampah di TPA Cipayung, Depok mencapai 2,5 juta kubik. Padahal, idealnya 1,3 juta kubik. Sampah yang masuk TPA Cipayung sekitar 1.100 ton per hari.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More