Gelombang Buruh Asal Bogor Serbu Jakarta

Jum'at, 01 Mei 2015 - 09:32 WIB
Gelombang Buruh Asal Bogor Serbu Jakarta
Gelombang Buruh Asal Bogor Serbu Jakarta
A A A
JAKARTA - Ratusan polisi berjaga di sepanjang Jalan Raya Bogor, Depok memperketat arus lalu lintas rute para buruh merayakan peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday). Gelombang buruh mulai melintas sejak pukul 08.00 WIB menggunakan bus dan kendaraan roda dua.

Sebanyak 50 sepeda motor berboncengan membawa buruh dari arah Cibinong, Kabupaten Bogor melintasi Depok melalui jalan arteri. Mereka akan bergabung bersama buruh lainnya di Jakarta.

Para buruh sambil berorasi melintasi Jalan Raya Bogor menuntut kesejahteraan, penghapusan outsourcing, hingga peningkatan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pantauan di lokasi terdapat puluhan polisi wanita ikut mengamankan arus lalu lintas.

"Sejauh ini arus lalu lintas lancar, soal rekayasa lalu lintas atau penutupan jalur itu situasional. Buruh dengan kendaraan bus melintas di Tol Cijago dengan pengawalan kami," tegas Kabagops Polresta Depok Kompol Tri Yulianto, Jumat (1/5/2015).

Pantauan lainnya para buruh di pabrik Meiwa Jalan Raya Bogor memilih untuk merayakan hari buruh dengan menggelar bazar sosial. Sementara itu dua bus yang mengangkut buruh KEP sudah berangkat menuju Jakarta.

Para buruh Depok mengajukan sejumlah tuntutan diantaranya menolak kenaikan UMK per 2 tahun, apalagi per 5 tahun sekali. Jalankan jaminan pensiun per 1 Juli 2015 dengan manfaat bulanan 75 % dari gaji. Revisi Permenaker tentang Outsourching. Revisi total UU PPHI.

Sahkan UU PRT. Angkat para guru dan pekerja honorer menjadi PNS. Buruh juga menolak liberalisasi harga BBM dan gas serta menurunkan harga bahan pokok.

"Kenaikan harga bahan pokok ini sudah semakin tidak terkendali menyulitkan kami," kata Sekjen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Depok Wido Pratikno.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5267 seconds (0.1#10.140)