Polisi Khusus Disiapkan Kawal Degelasi KTT Asia-Afrika

Minggu, 29 Maret 2015 - 15:21 WIB
Polisi Khusus Disiapkan Kawal Degelasi KTT Asia-Afrika
Polisi Khusus Disiapkan Kawal Degelasi KTT Asia-Afrika
A A A
JAKARTA - Sebanyak 150 anggota kepolisian khusus akan bertugas mengamankan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika di Jakarta dan Bandung pada 18-24 April 2015. Mereka disiapkan untuk menjadi Security Officer (SO) menteri dari negara sahabat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, ratusan petugas itu untuk memberikan pengawalan khusus melekat. Mereka memiliki kemampuan menembak dan beladiri yang sudah berlatih sejak bulan Februari lalu.

Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mulyadi Kahairani mengatakan, berdasarkan data Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ada 104 negara peserta KTT dan 15 negara peninjau. Nantinya ke 150 anggota itu akan jadi SO dari negara-negara itu. Tapi, khusus menjadi SO menteri.

"Jadi kalau yang datang menteri saja, baru dari polisi SO nya. Tapi kalau yang datang Presiden, ya dari Paspamres," katanya di Jakarta, Minggu (29/3/2015). (Baca juga: Indonesia Jajaki Pembelian Minyak Langsung ke Irak)

Para calon SO ini juga mendapat berbagai pelatihan. Mulai dari pelatihan etika sampai rute jalur Ibu Kota. (Baca juga: Hadiri Pertemuan Uni Afrika, Menlu Retno Sosialisasi KAA)

"Pelatihan rute itu penting sebab nanti menteri negara sahabat ini kan juga berkegiatan kemana-mana saat KTT. Jadi nanti SO dari polisi ini mesti berkoordinasi dengan anggota lalu lintas di wilayah untuk mengetahui kondisi jalan dan mencari jalan yang lancar," tuturnya.

Mulyadi menambahkan, dari polisi yang dilatih, ada tujuh anggota Polda Metro Jaya yang telah memiliki sertifikasi SO dari Kedutaan Besar Australia dan Amerika. Mereka juga akan bertugas nantiā€Ž.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5611 seconds (0.1#10.140)