Asal-usul Boneka Raksasa dari Betawi

Minggu, 22 Februari 2015 - 06:13 WIB
Asal-usul Boneka Raksasa dari Betawi
Asal-usul Boneka Raksasa dari Betawi
A A A
JAKARTA - Setiap perayaan ulang tahun Jakarta tak lepas dari boneka raksasa yang dikenal dengan ondel-ondel. Dulunya, Ondel-ondel ini dipercaya bisa menghilangkan bala atau gangguan roh halus yang mengganggu suatu kampung.

Memang tidak ada catatan resmi kapan Ondel-ondel ini ada di Jakarta namun ada sedikit catatan yang dibuat para pedagang asing yang saat itu singgah di Batavia.

Misalnya saja pedagang asal Inggris bernama W. Scot yang mencatat dalam bukunya, sekitar tahun 1605 melihat arak-arakan kesenian boneka raksasa.

Kendati tidak mencatat secara spesifik, namun banyak pendapat yang beranggapan yang dilihat oleh W.Scot itu adalah arak-arakan Ondel-ondel.

Kesenian Ondel-ondel yang dikenal berada-abad lampau dulunya dimaksudkan untuk mengusir roh jahat. Karena ilmu kedokteran belum semaju sekarang, warga Betawi saat itu lebih mempercayai hal mistis jika ada musibah atau wabah penyakit.

Untuk membuat Onde-ondel tak sembarangan orang bisa melakukannya. Sebelum proses pembuatan dimulai, pengrajin Ondel-ondel akan menyediakan aneka sesaji berupa kemenyan, kembang tujuh rupa dan bubur sumsum.

Ritual dilakukan dengan tujuan agar pembuatan Ondel-ondel berjalan lancar. Selain itu, agar roh yang bersemayam di boneka raksasa itu adalah roh baik.

Sebelum dipertunjukkan Ondel-ondel biasanya minta madat, namun karena madat atau ganja dilarang akhirnya diganti dengan lisong, dengan cara ditempelkan di mulutnya.

Cara pembuatan Ondel-ondel dengan ritual seperti ini mulai memudar sejak tahun 1980-an. Begitupun arak-arakan boneka raksasa ini mulai jarang terlihat.

Kini Ondel-ondel hanya dijadikan penyemarak pesta-pesta rakyat, hajatan perkawinan atau khitanan. Sepasang boneka raksasa betawi ini juga digunakan untuk penyambutan tamu kehormatan, semisal pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun.

(Sumber: Diolah dari Jakartapedia.net)
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6269 seconds (0.1#10.140)