Pemkot Tangerang Miliki Cara Baru Atasi Sampah

Kamis, 29 Januari 2015 - 17:08 WIB
Pemkot Tangerang Miliki Cara Baru Atasi Sampah
Pemkot Tangerang Miliki Cara Baru Atasi Sampah
A A A
TANGERANG - Pemkot Tangerang memiliki cara baru untuk mengatasi tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Caranya dengan mempercepat fermentasi sampah tersebut menjadi kompos.

Cara yang digunakan juga cukup unik. Pemkot memanfaatkan sisa ampas kopi untuk mempercepat fermentasi sampah menjadi kompos.

Sekretaris Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang, Sugiharto mengatakan bahwa dalam minggu ini pihaknya sudah akan melakukan uji coba ini. "Kita tengah berinovasi untuk menjadikan kompos lebih cepat matangnya dengan ampas kopi," jelasnya kepada wartawan, Kamis (29/1/2015).

Dengan ampas kopi kata Sugi akan mempercepat pembuatan kompos siap pakai. Bila dengan cara biasa kompos dapat matang selama satu sampai 1,5 bulan, maka bila dengan metode ampas kopi pematangan akan terjadi pada 14 hari.

"Saat ini kita masih mempergunakan bubuk gergaji, beberapa waktu lalu sudah dilakukan uji secara skala kecil dengan kopi. Maka minggu ini kita akan uji cobakan pada skala yang lebih besar dipengomposan TPA Rawa Kucing," tuturnya.

Dengan ampas kopi, kata Sekdis bukan hanya keuntungan pematangan kompos yang lebih cepat. Akan tetapi juga kualitas kompos yang baik serta menghilangkan bau yang menyengat.

"Kopi kan harum, jadi nanti akan mengurangi bau di tempat pengomposan, juga hasil komposnya," tuturnya kembali.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5650 seconds (0.1#10.140)