Puluhan Ribu Buruh Geruduk Jabodetabek

Selasa, 09 Desember 2014 - 14:01 WIB
Puluhan Ribu Buruh Geruduk Jabodetabek
Puluhan Ribu Buruh Geruduk Jabodetabek
A A A
JAKARTA - Puluhan ribu buruh akan melakukan unjuk rasa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Ujuk rasa itu mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP), BBM, dan penghapusan sistem outsourcing.

"Ini bersifat nasional. Kami mau membawa isu UMP di tiap daerah, kemudian efek kenaikan harga BBM bersubsidi dan TDL (Tarif Dasar Listrik), menuntut jaminan kesejahteraan, kesehatan, keselamatan, dan menghapus sistem outsourcing," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Said menjelaskan, pihaknya sendiri telah menemui Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono siang ini dengan maksud bersilaturahmi antara polisi dengan perwakilan buruh.

Dalam pertemuan itu, kata dia, Unggung menyampaikan, pihaknya akan mengerahkan 15.000 personel dalam mengawal unjuk rasa tersebut. Sedang pengamanan sendiri akan dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) lantaran menjadi titik kumpul unjuk rasa tersebut.

"Kami lakukan pengawalan supaya tertib, dan setiap anggota dari Kapolres masing-masing untuk mengikuti dari belakang masing-masing wilayah tempat buruh berangkat," katanya.

Saat ini, masih kata Said, polisi akan melakukan pengecekan jalur unjuk rasa buruh tersebut. Polisi sendiri dipastikan sudah bersiap melakukan penjagaan sejak sekira pukul 07.00 WIB.

Unggung menambahkan, pihaknya kemungkinan besar tidak akan melakukan penutupan jalan. Sebab, pihaknya sudah berkoordinasi untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalur yang dilintasi puluhan ribu buruh tersebut.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7170 seconds (0.1#10.140)
pixels