Ini Faktor Siswa Buat Geng di Sekolah

Senin, 17 November 2014 - 10:58 WIB
Ini Faktor Siswa Buat Geng di Sekolah
Ini Faktor Siswa Buat Geng di Sekolah
A A A
JAKARTA - Ada beberapa faktor penyebab para siswa membuat geng di sekolah. Salah satunya ingin mencari identitas diri.

"Pertama, diinisiasi karena untuk show eksklusifitas kepada kelompok lain. Kecenderungannya pencarian identitas diri," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Susanto saat dihubungi Sindonews, Minggu 17 November 2014.

Selain itu, lanjut Susanto, ada faktor regenerasi dari kakak kelas atau alumni kepada juniornya untuk mempertahankan geng tersebut. Bahkan, geng ini cendrung membuat hal yang negatif.

"Ada ancaman dari kelompok eksternal juga bisa terjadi, contohnya ada kelompok geng yang mengancam sekolah tertentu sehingga siswa membuat geng," urainya.

Pihak sekolah dalam hal ini mesti benar-benar memberikan perhatian. Jangan sampai geng-geng tersebut berkembang di sekolah.

"Faktor permisifitas dari sekolah, karena sekolah membiarkan adanya geng seperti itu," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menemukan 15 geng di sekolah, dan geng ini kerap membuat resah para siswa lainnya. Bahkan, belasan geng itu akan segera dibubarkan.

Pasalnya, geng itu juga sebagai pemicu keonaran antar siswa dan pelajar di DKI Jakarta. Tak lain, geng ini juga sebagai pemicu aksi tawuran antar pelajar di Jakarta.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3768 seconds (0.1#10.140)