E-Ticketing Berlaku, Transjakarta Hapus Tiket Kertas

Sabtu, 19 Juli 2014 - 13:26 WIB
E-Ticketing Berlaku,...
E-Ticketing Berlaku, Transjakarta Hapus Tiket Kertas
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Transjakarta masih merancang mekanisme pemberlakukan e-ticketing untuk bus Transjakarta yang terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Pasalnya setelah e-ticketing berlaku, PT Transjakarta akan menghapus tiket kertas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M. Akbar mengakui bahwa sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan PT. Transportasi Jakarta, operator APTB dan BKTB, dan lainnya yang memakai jalur Transjakarta (busway) untuk merumuskan bagaimana nasib APTB, BKTB, dan Kopaja AC yang memakai jalur busway.

"Memang untuk sekarang integrasi APTB dan BKTB masih secara fisik yaitu jalur dengan halte, akan tetapi sistem pembayaran yang belum terintegrasi, dan manajemen juga berbeda karena masih menggunakan cara konvensional yaitu tiket kertas pada mau masuk halte atau bayar didalam bis tersebut," tukas Akbar ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (19/7/2014).

Akbar mengatakan sampai saat ini sistem tengah dilakukan cara jalan keluar yang paling baik untuk semua pihak.

"Lagi dirumuskan dahulu, soalnya jika sudah full memakai e-card maka benar-benar tidak ada kertas lagi di halte-halte Transjakarta. Jadi kita lagi cari jalan bagaimana sistem dapat dilakukan," ujarnya.

Mengenai adanya gate atau tapping di dalam bus, Akbar belum dapat menjamin bagaimana sistem yang akan dijalankan.

"Masih belum tahu saya, yang pasti Agustus kita akan mulai uji coba tapping dengan harga Rp3.500 untuk perjalanan menggunakan Transjakarta," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)