Tergantung Asing, Pengembangan TPA Rawa Kucing Baru 10 Persen

Senin, 16 Juni 2014 - 16:06 WIB
Tergantung Asing, Pengembangan TPA Rawa Kucing Baru 10 Persen
Tergantung Asing, Pengembangan TPA Rawa Kucing Baru 10 Persen
A A A
TANGERANG - Hingga kini Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang masih menunggu kucuran dana dari Bank Dunia untuk mengembangkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing. Saat ini, pembangunan TPA Rawa Kucing baru mencapai 10 persen dengan sumbe rdana dari APBD Kota Tangerang.

"Direncanakan selesai pada 2017 akan tetapi karena ada dua alokasi rencana anggaran yang digunakan hingga saat ini baru 10 persen pengerjaan dilakukan," Kasie Pembinaan pada Bidang Bina Program DInas Kebersihan dan POertamanan (DKP) Kota Tangerang, Anna Susanti kepada wartawan, Senin (16/5/2014).

Dua rencana anggaran tersebut kata Anna adalah APBD Kota Tangerang dan Hibah Bank Dunia. Selama ini. Pengerjaan 10 persen telah menggunakan anggaran APBD.

"Kami melihat ada peluang, saat Bank Dunia menawarkannya, sehingga kami mengajukan dengan berbagai persyaratan yang harus dilengkapi, dan seluruh persyaratan sudah masuk hanya tinggal menunggu pihak Bank Dunia melakukan Review Detail Engineering Desain (DED)," tuturnya.

Review sendiri kata Anna akan selesai dilakukan Bank Dunia pada Januari ataupun Februari 2015. Dari kajian DED 2012 kata Anna jumlah anggaran untuk pengembangan lahan TPA Rawa Kucing mencapai Rp145 miliar.

"Yang jelas Pemerintah Kota akan terus melakukan pengembangan dan perbaikan dilingkungan TPA Rawa Kucing, targetnya 2018 TPA Rawa Kucing sudah selesai seperti yang kita rencanakan," timpal Sekertaris DKP, Heriyanto.

Perbaikan dan pengembangan TPA Rawakucing direncanakan meliputi perbaikan sarana dan prasarana seperti jalan, bagunan kantor, fasilitas penunjang seperti tempat pengelolaan komposter, lab pengujian, pabrik pengelolaan biji plastik, taman dan pendukung lain yang berhubungan pengelolaan sampah.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6138 seconds (0.1#10.140)