KCJ Tambah Perjalanan KA Lintas Duri-Tangerang

Sabtu, 31 Mei 2014 - 19:14 WIB
KCJ Tambah Perjalanan...
KCJ Tambah Perjalanan KA Lintas Duri-Tangerang
A A A
JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai I Juni 2014 akan menambah jumlah perjalanan KRL Jabodetabek. Dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2014, PT KCJ menambah jumlah perjalanan KA menjadi 645 perjalanan setiap harinya dari sebelumnya 589 perjalanan.

Hal itu berdasarkan GAPEKA yang dibuat bersama PT Kereta Api Indonesia dan kemudian ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Penambahan ini termasuk di Lintas Duri-Tangerang dimana akan ada tiga loop yang dilayani dengan tiga rangkaian kereta. Pada GAPEKA 2013, di lintas ini hanya ada 48 perjalanan KRL setiap harinya," kata Manajer Komunikasi KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa dalam rilisnya yang diterima Sindonews, Sabtu (31/5/2014).

Namun, kata Eva, GAPEKA 2014 dengan jumlah armada yang sama, lintas ini dapat melayani hingga 62 perjalanan per hari. Penambahan ini dimungkinkan, karena Lintas Duri-Tangerang yang sebelumnya hanya memiliki satu jalut rel (single track) mulai tahun ini dapat menggunakan rel ganda (double track).

"Saat ini proses transisi (switch over) dari rel tunggal ke rel ganda sedang disiapkan untuk disempurnakan baik oleh Kemenhub dan PT KAI, sehingga penambahan perjalanan KRLmulai 1 Juni mendatang dilintas Duri-Tangerang belum dapat dilakukan dan Para pengguna jasa lintas Duri-Tangerang masih tetap berpegang pada jadwal perjalanan yang sekarang ini berlaku hingga ada pemberitahuan selanjutnya," bebernya.

Pengoperasian jalur ganda, kata Eva, akan dipastikan andal dari aspek keselamatan sesuai standar safety, healthy, and environment (SHE) PT KAI. Ini adalah sebagai bentuk komitmen dari PT KAI dan KCJ sebagai operator terhadap keselamatan penumpang dan perjalanan kereta api.

"PT KCJ memohon maaf kepada para pengguna jasa KRL atas tertundanya penambahan perjalanan di Lintas Duri-Tangerang. Diharapkan seluruh proses switch over dapat diselesaikan dalam waktu 1 bulan kedepan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5358 seconds (0.1#10.140)