Sore ini modifikasi cuaca akan dilakukan

Selasa, 14 Januari 2014 - 15:31 WIB
Sore ini modifikasi cuaca akan dilakukan
Sore ini modifikasi cuaca akan dilakukan
A A A
Sindonews.com - Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) akan langsung dilakukan sore hari ini, dengan membawa kontainer berisi butiran garam untuk di sebar di sekitar wilayah aliran sungai di Jakarta.

"Sore ini, kita akan lakukan penaburan di sekitar wilayah Jakarta," kata Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif di dalam konfrensi pers Bandara Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (14/1/2014).

Selain itu, Kepala UPT Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Heru Widodo menjelaskan, bekerja sama dengan pusat penerbangan Lanud Halim Perdanakusuma konteiner pembawa butiran garam akan mengelilingi wilayah Jakarta untuk melakukan TMC.

"Operasi TMC didukung oleh satu unit pesawat Hercules yang diterbangkan dari Posko Komand utama, Lanut Halim Perdanakusuma dan dua unit pesawat cassa yang diterbangkan dari Posko pendukung di Bandara Pondok Cabe," tutur Heru, di Gedung Suma II Lanut Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Heru mengatakan, usai TMC berakhir nantinya akan dievaluasi, apakah akan kembali melakukan operasi TMC ataukah menghentikannya.

"Saat ini kami siapkan bahan semai 42 ton. Setiap hari kami akan terbang sambil memantau awan menggunakan radar," ucapnya.

Sementara operasi TMC atau yang dikenal dengan hujan buatan demi mengurangi banjir di Jakarta selama dua bulan kedepan. Mulai 14 Januari hingga 14 Maret 2014 dan menghabiskan dana sekitar Rp20 miliar.

Baca:
DKI setujui modifikasi cuaca di Jabodetabek
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5795 seconds (0.1#10.140)