Tanggul Kali Laya jebol, 42 KK di Depok dievakuasi

Senin, 13 Januari 2014 - 00:22 WIB
Tanggul Kali Laya jebol, 42 KK di Depok dievakuasi
Tanggul Kali Laya jebol, 42 KK di Depok dievakuasi
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 42 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Perumahan Country Cimanggis, dan Perumahan Bukit Cengkeh 1 diungsikan pasca jebolnya tanggul Kali Laya yang terletak di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi hujan deras yang diprediksikan masih akan terus turun malam hingga dini hari nanti.

Menurut Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, tanggul yang dibangun sejak Tahun 2003 lalu ini memang harus diwaspadai oleh warga.

"Namun memang debit juga sangat tinggi, sehingga jebol, kondisi terakhir air yang meluap semula ke arah Kali Baru sudah mulai menurun debitnya, air yang ke arah Country Cimanggis mulai berkurang," ujar Nur Mahmudi saat mengunjungi lokasi jebolnya tanggul, Minggu (12/01/2014).

Evakuasi 42 KK dua perumahan ini dilakukan ke sejumlah tempat yang dinilai aman, seperti masjid ataupun ke rumah kerabat. "Kami bersiaga malam ini bersama Brimob dan dinas terkait, baik Tagana yang juga mengoperasikan secara fisik seperti perahu karet," ungkapnya.

Langkah darurat, kata dia, besok tim Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air akan melakukan penutupan tanggul dengan bronjong agar air bisa berhenti mengalir ke pemukiman. Nur Mahmudi menegaskan masa tanggap darurat akan dilakukan selama dua pekan ke depan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7565 seconds (0.1#10.140)