Bawa pocong, buruh datangi Disnakertrans

Jum'at, 03 Januari 2014 - 14:24 WIB
Bawa pocong, buruh datangi Disnakertrans
Bawa pocong, buruh datangi Disnakertrans
A A A
Sindonews.com - Perjuangan buruh PT Sinar Antjol yang di-PHK massal oleh perusahaan terus berlanjut. Kali ini, ratusan buruh mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang untuk turun tangan.

Ratusan buruh ini datang sambil membawa replika keranda dan pocong. Kedua benda ini sebagai simbol matinya keadilan bagi buruh pabrik sabun.

Eko Santoso salah satu karyawan PT Sinar Antjol mengatakan, saat ini masalah PHK sepihak yang dialami ratusan buruh sudah memasuki tahap ke tiga, akan tetapi hingga saat ini belum menampakkan adanya sinyal positif bagi kepastian nasib mereka.

"Kami minta Disnakertrans untuk bersikap tegas, apalagi saat ini pihak perusahaan dengan semena-mena melakukan perekrutan karyawan baru di saat masalah kami masih menggantung tanpa kejelasan," ucapnya di Kantor Disnakertrans Kabupaten Tangerang, Jumat (3/1/2014).

Harusnya, kata Eko, pihak manajemen Sinar Antjol tidak menerima pegawai baru apabila masalah ini belum selesai.

"Kita mengacu pada UU Tenaga Kerja Pasal 144 tentang pengusaha dilarang mengganti buruh yang mogok kerja dengan buruh lain," tegasnya.

Untuk diketahui sebanyak 348 karyawan PT Sinar Antjol di-PHK secara Sepihak oleh manajemen mereka akibat melakukan aksi unjuk rasa menuntut hak-hak normatif yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Baca juga:
PHK massal, pabrik sabun didemo eks karyawan
DPRD akan panggil manajemen Sinar Antjol
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)