Tiang monorel akan mengalami perubahan spesifikasi

Kamis, 17 Oktober 2013 - 09:05 WIB
Tiang monorel akan mengalami perubahan spesifikasi
Tiang monorel akan mengalami perubahan spesifikasi
A A A
Sindonews.com - Pembangunan tiang rel Jalur Hijau atau Green Line Monorel Kuningan-Pal Merah yang baru diresmikan di Jakarta hari ini akan mengalami perubahan spesifikasi.

Menurut Direktur Teknis PT Jakarta Monorail, Rosa Bovananto, perubahan spesifikasi tiang rel itu dilakukan sesuai dengan jenis kereta yang akan didatangkan dari Cina.

"Spesifikasi tiang rel yang akan dibangun awalnya berdiameter 80 cm, berubah menjadi 1,5-2,5 meter," katanya di Balai Kota DKI, Rabu 16 Oktober 2013.

Meski ada perubahan spesifikasi, Bovananto, pembangunan Green Line tahap awal Monorel ini dipastikan tidak akan terganggu dan dapat rampung sesuai perhitungan pada 2016 mendatang.

"Kita perkirakan semua akan rampung 2016, sudah kita perhitungkan," ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan satu tiang jalur Monorel bisa memakan waktu empat hari dengan jarak 24 meter antara tiang satu dan lainnya. Tiang penyangga itu secara keseluruhan akan dibangun sebanyak 1.200 tiang.

"Tiang- tiang penyangga Momorel akan ditanam dengan ke dalaman pondasi bervariasi, antara 20-30 meter tergantung wilayah," paparnya.

Bovananto mengutarakan, pembangunan tiang Monorel Jalur Green Line dipastikan telah siap ditanami pondasi setelah melakukan nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan empat BUMN.

"Salah satunya kita kerjasama dengan PT Waskita," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5523 seconds (0.1#10.140)