Tinggikan Jembatan Kali Krukut, Jaksel gelontorkan Rp2,2 M

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 13:51 WIB
Tinggikan Jembatan Kali Krukut, Jaksel gelontorkan Rp2,2 M
Tinggikan Jembatan Kali Krukut, Jaksel gelontorkan Rp2,2 M
A A A
Sindonews.com - Mengurangi potensi banjir di Jalan Lebak Bulus 3, Cilandak, Jakarta Selatan, Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jakarta Selatan melakukan peninggian jembatan yang membentang di atas Kali Krukut.

"Ini meneruskan pekerjaan tahun lalu, jadi penyelesaiannya sekarang. Untuk meninggikan jembatan yang membentang diatas Kali Krukut," kata Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas PU Jakarta Selatan, Aam Amarullah, Jumat (4/10/2013).

Aam menjelaskan, jembatan yang akan ditingkatkan itu nantinya memiliki ketinggian 60 sentimeter di atas titik banjir atau sekira 2-2,5 meter di atas permukaan air normal.

"Jadi pengerjaannya selain meninggikan juga melebarkan penampang basah, dan membongkar jembatan yang lama," jelasnya.

Menurut Aam, bentang jembatan tersebut akan dibangun sepanjang 23,6 meter dengan lebar 9,8 meter. Sedangkan titik turun jembatan nantinya mencapai 40 meter.

Ia mengungkapkan, karena pengerjaan jembatan membutuhkan fokus tinggi, Jalan Lebak Bulus 3 terpaksa harus ditutup sementara. Kendaraan nanti dialihkan ke Jalan Lebak Bulus 1 atau jalan-jalan alternatif lainnya.

"Bangun tiangnya ini kan mesti menggali jalan dan pakai alat berat jadi kita tutup. Ya waktu pengerjaan sampai 8 Desember nanti," tukasnya.

Anggaran peningkatan jembatan ini sendiri, lanjut Aam, menelan biaya mencapai Rp2,2 miliar dengan jumlah pekerja sekitar 25 orang yang bekerja bergantian siang dan malam.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6112 seconds (0.1#10.140)