Demo buruh, 650 polisi jaga kantor Jokowi

Selasa, 03 September 2013 - 10:42 WIB
Demo buruh, 650 polisi jaga kantor Jokowi
Demo buruh, 650 polisi jaga kantor Jokowi
A A A
Sindonews.com - Untuk mengamankan aksi demonstrasi buruh yang akan menuntut Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp3,7 juta, polisi mengerahkan 650 petugas di sekitar Balai Kota DKI Jakarta.

Kapolsek Gambir, Ajun Komisaris Besar Polisi, Tatan Dirsan mengatakan, pengamanan aksi demo buruh ini melibatkan sekitar 650 personel. Ratusan personel itu terdiri dari Brimob Polda (dua kompi), Sabhara Polda (dua kompi), Sabhara Polres Jakarta Pusat (satu kompi), dari anggota yang tertutup 70 personel.

"Kemudian dari Polsek Gambir ada satu pleton. Jadi seluruhnya ada 650 personil, termasuk negosiator dari polwan. Kepala pengamanan objek saya sendiri," bebernya saat dihubungi, Selasa (3/9/2013).

Ia menjelaskan, pengamanan aksi demonstrasi buruh di Balai Kota ini akan dilakukan sesuai protap (prosedur tetap) kepolisian. Selain personel, pihaknya juga menyiapkan kendaraan water canon di Balaikota guna mengantisipasi jika demonstrasi berlangsung ricuh.

"Kita yang penting persiapkan sesuai protap. Water canon itu sesuai eskalasi saja. Kita tidak bisa prediksi bakal ricuh atau tidak," tegasnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan pengalihan arus lalu lintas, Tatan mengutarakan, melihat situasi di lapangan. Apabila massa yang datang diatas 1.000 orang, pengalihan arus akan dilakukan.

"Kalau dari pemberitahuan, mereka datang jam 9, tapi dari laporan yang saya terima belum ada pergeseran, dari Indutri Pulo Gadung. Mungkin nanti sebelum solat duhur atau jam 11-an," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8415 seconds (0.1#10.140)