Banjir, Pemkot Depok tuding Bogor

Senin, 19 Agustus 2013 - 21:15 WIB
Banjir, Pemkot Depok tuding Bogor
Banjir, Pemkot Depok tuding Bogor
A A A
Sindonews.com - Banjir yang kerap melanda kawasan Depok dituding karena kiriman dari Kota Bogor. Untuk mengatasinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana melakukan normalisasi sungai mulai Bogor hingga Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad menegaskan, banyak pelanggaran yang terjadi pada bangunan yang berada di bantaran kali. Akibatnya, kali meluap dan banyak juga dataran rendah di Depok.

"Penyebab banjir ini bukan dari sungai yang ada di Depok, tetapi dari sungai yang ada di Bogor," katanya saat menyerahkan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Depok untuk korban banjir di RT02/04 Kampung Panjang, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Senin (19/8/2013).

Dalam menangani banjir disini, lanjut Idris, solusinya adalah dilakukan normalisasi sungai dari Kabupaten Bogor hingga ke Depok.

"Kita akan koordinasikan dengan Bakorwil Provinsi untuk perbaikan sungai di wilayah perbatasan ini," ujar Idris.

Namun terkait dengan hal-hal yang diperlukan oleh masing-masing daerah, lanjut Idris, harus segera diselesaikan, misalkan adanya sejumlah rumah yang melanggar garis sepadan sungai (GSS) harus diselesaikan oleh daerah masing-masing agar normalisasi bisa berjalan lancar.

"Koordinasinya akan dilakukan bagian pemerintahan dan Dinas Bimasda," tuturnya.

Idris menegaskan bahwa tahun ini Pemkot Depok telah meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk melakukan pengamatan secara cermat terhadap lokasi banjir di perbatasan ini.

"Pemkab Bogor menyatakan siap namun dikerjakan sesudah digelarnya Pilkada Bogor," tandas Idris.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5031 seconds (0.1#10.140)