Tanggul Kali Jantung jebol karena usia

Jum'at, 12 Juli 2013 - 13:28 WIB
Tanggul Kali Jantung jebol karena usia
Tanggul Kali Jantung jebol karena usia
A A A
Sindonews.com - Kali Jantung yang melintasi sejumlah perumahan di Cilodong, Depok terkena dampak begitu tanggul kali tersebut jebol. Jebolnya tanggul Kali Jantung yang hanya selebar dua meter itu ditengarai karena usia sudah tua.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Enco Kuryasa mengatakan jebolnya tanggul Kali Jantung karena usia tanggul sudah tua. Sebab, kata Eno, konstruksinya hanya menggunakan batako bukan beton sehingga makin lama makin ambrol terkikis air.

"Ini kelihatannya bangunan yang ada sudah tua, konstruksinya dari batako. Kedepan kami bangun permanen, konstruksinya ada, betonnya ada tiga meter, lalu ada dindingnya," ungkapnya di lokasi, Jumat (12/7/2013).

Enco mengklaim bahwa perbaikan tanggul sepanjang 220 meter tersebut cukup sederhana. Ia menambahkan, hanya saja karena bersifat darurat dan harus buru-buru diperbaiki, sehingga anggaran yang dibutuhkan terhitung dibawah Rp200 juta dengan target 45 hari.

"Tinggal nanti saja pendanaannya, dana pasca darurat, kalau lebih dari Rp200 juta agak lama, harus lelang pengadaan barang dan jasa, kalau kami sudah hitung dibawah 200 juta akan tangani penunjukkan langsung, butuh waktu 45 hari," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6987 seconds (0.1#10.140)