Pengrajin Indonesia unjuk kebolehan di PRJ

Minggu, 09 Juni 2013 - 21:45 WIB
Pengrajin Indonesia unjuk kebolehan di PRJ
Pengrajin Indonesia unjuk kebolehan di PRJ
A A A
Sindonews.com - Ditengah maraknya barang-barang yang dibuat secara massal dengan teknologi tinggi, hasil kerajinan tetap bertahan. Kemajuan jaman tidak membuat para pengrajin kehabisan akal, untuk terus membuat inovasi sekaligus mempromosikan hasil karya mereka.
Mulai dari batik cetak, hingga batik tulis buatan tangan, kalung, gelang kayu, anting-anting, dipan, tas buatan tangan ikut memeriahkan pameran terbesar se-Asia Tenggara ini.

Aminah penjaga Stand Aceh mengatakan, pihaknya optimis bisa meraup keuntungan dengan adanya Jakarta Fair ini. Hal ini dikuatkan dengan produk yang dibawanya, tas tangan khas aceh.

Seluruh produk yang dipamerkan merupakan kerajinan tangan. Harga yang dibandrol pun terbilang murah. Untuk tas tangan wanita diharga Rp250.000 sementara untuk tas punggung hanya Rp150.000.

"Saya yakin akan banyak yang beli, karena barang seperti ini jarang ada di Jakarta," ucap wanita yang menggunakan kerudung ini, Minggu (9/6/2013).

Sementara itu, di Stan Sumatra Utara Nicky mengatakan, pihaknya membandrol kemeja dengan bahan ulos Rp350.000. Sementara untuk kemeja yang dibuat menggunakan printing hanya dihargai Rp150.000. Tingkat kesulitan dan terbatasnya jumlah produksi membuat harga berbahan ulos dihargai lebih mahal.

Dirinya menjelaskan, untuk orang yang tidak mengetahui tentang tingkat kesulitan memang terlihat biasa saja. Namun banyak juga masyarakat yang sudah mengetahui kesulitan membuat baju dengan bahan ulos.

Hal serupa diungkapkan Rahadian, Pemilik AMS Furniture yang mengaku, sudah tiga kali mengikuti ajang pameran yang digelar satu tahun sekali ini. Dirinya fokus kepada produk kayu mebel.

Menurutnya, produk miliknya masih banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas. Produk kayu memang identik dengan keagungan. Dimana seseorang bisa terlihat konservatif namun juga terkesan bijaksana.

Jakarta Fair kali ini diikuti oleh 2650 peserta yang tergabung dalam 1.280 stand, diantaranya furnitur, otomotif, elektronik dan wisata kuliner lainnya. Sebanyak 270 band dan penyanyi pun akan mengisi acara untuk memeriahkan acara Jakarta Fair.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9661 seconds (0.1#10.140)