Rawan kecelakaan, Depok bangun 4 JPO

Selasa, 05 Maret 2013 - 16:44 WIB
Rawan kecelakaan, Depok bangun 4 JPO
Rawan kecelakaan, Depok bangun 4 JPO
A A A
Sindonews.com - Empat jembatan penyebrangan orang (JPO) di Depok, akan dibangun pada Juni 2013. Yaitu di Gang Kober, depan Apartemen Margonda Residence, depan Bank Jabar Banten (BJB), dan di depan Terminal Depok.

"Tahun ini akan ada empat JPO yang dibangun. Ini hasil kajian dan evaluasi kami mengenai Jalan Margonda," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Depok, Nasrun, Selasa (5/3/2013).

Konstruksi JPO, nantinya dibuat lebih bagus, nyaman dan ramah. JPO yang akan dibangun nanti sepanjang 32 meter dan lebar dua meter. Pasalnya, di JPO sering terjadi kepadatan penyebrang, karena sempitnya jembatan.

Diakui dia, pembangunan JPO ini mengalami kemunduran akibat terkendala pembebasan lahan. "Padahal anggaran sudah dialokasikan, tapi menjadi tidak terserap karena ya masalah pembebasan lahan," terangnya.

Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat Imam Budi Hartono mengatakan, pihaknya siap membantu Pemkot Depok dalam memperbaiki infrastruktur. Termasuk pembangunan JPO. Kalau Pemkot Depok tak sanggup membangun JPO, maka pihaknya mengaku akan membantu pembangunan.

Mengenai besaran anggaran yang dikucurkan, tergantung kebutuhan yang diperlukan. "Bisa Rp500 juta bisa juga lebih. Tergantung kebutuhan. Kami menilai perlu dibangun JPO lagi melihat kondisi Jalan Margonda yang sudah lebar saat ini," sambungnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, hak dan keselamatan pejalan kaki harus diperhatikan. Sehingga tidak ada pejalan kaki yang dirugikan. Mengingat sering terjadi kecelakaan saat penyebrang melintasi jalanan. Dia mengimbau pada pemkot untuk menggandeng pengusaha agar ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

"Sebenanrnya, pembangunan itu tidak harus dibebankan pada pemerintah. Justru harus dibangkitkan semangat pada pihak ketiga untuk ikut berpartisipasi karena mereka adalah roda pembangunan di sebuah kota," ujarnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5570 seconds (0.1#10.140)