Turap Kali Kawin jebol, rumah warga kebanjiran

Selasa, 05 Februari 2013 - 12:01 WIB
Turap Kali Kawin jebol, rumah warga kebanjiran
Turap Kali Kawin jebol, rumah warga kebanjiran
A A A
Sindonews.com - Tingginya curah hujan di Kota Depok, mengakibatkan debit air di aliran Kali Kawin di Bojonggede naik dan menyebabkan turap Kali Kawin di Jalan Kutilang 1, Pancoranmas, Depok, jebol selebar dua meter.

Deras arus air mengakibatkan tanah ambrol hanya dalam waktu setengah jam. Jebolnya turap di lokasi ini, sudah yang ketiga kalinya selama sepuluh tahun terakhir.

Sekretaris Lurah Depok Jaya Syaiful Hidayat mengatakan, turap tersebut memang sudah terlalu lama dan berusia tua. Selain itu, air sempat naik ke bibir sungai dengan deras dan menghantam turap.

"Jam 3-an pagi tadi, membanjiri, mengalir. Kalau tak diantisipasi, meluap ke rumah warga. Mau dikasih bronjong supaya airnya tak terlalu deras. Yang banjir di RW 12, Kelurahan Depok Jaya. Sekolah juga bisa kena di belakangan Stadion Merpati," ujar Dayat kepada wartawan, Selasa (5/2/2013).

Jebolnya tanggul juga disebabkan karena sampah menyumbat, di bibir kali. Banjir juga bisa mengancam hingga Kampung Pulo, Beji, Depok. Seluruh siswa di SDN 05 bahkan dipulangkan lebih cepat karena terkena banjir.

Salah seorang warga, Bambang Ahmad menambahkan, pihaknya meminta dinas terkait agar turap dibuat lebih tinggi. Sebab sudah kerap kali luapan air masuk ke rumah warga. "Bisa meluap. Setengah meter lagi. 200 meter. Air meluap ketika hujan," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7562 seconds (0.1#10.140)