Jokowi menang karena warga Jakarta benci Foke

Sabtu, 14 Juli 2012 - 16:51 WIB
Jokowi menang karena warga Jakarta benci Foke
Jokowi menang karena warga Jakarta benci Foke
A A A
Sindonews.com - Tingginya perolehan suara pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta disebabkan warga Jakarta sudah membenci sosok Fauzi Bowo sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sejarawan Betawi JJ Rizal mengatakan, saat ini warga Jakarta sudah membenci sosok Fauzi Bowo yang dianggap tidak pandai dalam memimpin Jakarta. Karena itu, banyak warga Jakarta yang memilih sosok baru untuk dijadikan gubernur.

"Bukan karena sosok Jokowi yang meyakinkan. Tapi masyarakat Jakarta menginginkan pemimpin yang pantas untuk mereka," katanya di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2012).

Kalahnya Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam putaran pertama juga menunjukkan jika masyarakat Jakarta tidak lagi terikat pada persamaan primordial yang mengharuskan pemimpin Jakarta dari kalangan tokoh masyarakat Betawi.

Bahkan menurutnya, saat ini ada anggapan yang menyebut Jakarta belum tentu bisa berubah jika dipimpin oleh tokoh Betawi. "Warga Jakarta tidak lagi menginginkan calon dari etnis tertentu, tapi menginginkan pemimpin yang membawa perubahan," ujarnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5847 seconds (0.1#10.140)