Hari ini warga Jakarta memilih Gubernur DKI

Rabu, 11 Juli 2012 - 06:03 WIB
Hari ini warga Jakarta memilih Gubernur DKI
Hari ini warga Jakarta memilih Gubernur DKI
A A A
Sindonews.com - Hari ini warga DKI Jakarta memilih pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan menentukan nasib mereka selama lima tahun kedepan. Pembangunan Ibu Kota Negara ini, berada di tangan 6.962.348 pemilih tetap.

Tidak seperti Pilgub tahun sebelumnya, Pilgub DKI tahun ini diikuti oleh enam pasangan calon. Dua pasangan calon dari jalur perseorangan atau independent, empat pasangan lainnya diusung oleh partai politik. Dua calon diantaranya, berasal dari luar Jakarta.

Terdiri dari pasangan calon nomor satu Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara). Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Matahari Bangsa (PMB) dan PKNU.

Pasangan nomor dua dari jalur perseorangan atau independent, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji–A Riza Patria. Pasangan ini didukung 419.416 warga Jakarta. Pasangan nomor tiga ada Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diusung Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra.

Pasangan nomor empat M Hidayat Nurwahid-Didik Junaedi Rachbini. Pasangan ini diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Nomor urut lima kembali diikuti oleh pasangan calon dari jalur perseorangan atau independent Faisal Batubara-Biem Triani Benjamin. Pasangan ini didukung 487.150 warga Jakarta.

Keenam ada pasangan Alex Noerdin-Letjen (Purn) Nono Sampono. Pasangan ini didukung diantaranya oleh Partai Golkar, Partai Persatuan Pembanguan (PPP), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PDKI), PR Nusantra, Partai Indonesia Perjuangan Baru, Partai buruh, Partai Nahdatul Umat (PNU), dan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Foke dijadwalkan mencoblos di TPS 01, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, sekira pukul 8.00 WIB. Sedang wakilnya dijadwalkan mencoblos di TPS 29, Jalan Batu Ampar II, Keluarahan Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur, sekira pukul 10.00 WIB.

Untuk Hendardji Soepandji akan melakukan pencoblosan di TPS 30 Kelurahan Cipete Utara, Jalan Prapanca Buntu, RT 009/04, Komplek Jakarta Housing, sekira pukul 07.00-13.00 WIB. Wakilnya Ahmad Riza Patria mencoblos di TPS 13, Kelurahan Kedaung Kali Angke, RT4/3, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Calon dari PKS Hidayat Nur Wahid, dijadwalkan nyoblos di TPS 12, Jalan Kemang Selatan 1D, Majelis Talim Al-Ibadah, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan.

Faisal Basri mencoblos di TSP 007, Jalan Ciasem II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sekira pukul 09.00 WIB. Usai memilih, rencananya Faisal berkeliling ke beberapa TPS di Jakarta. Wakilnya Biem, mencoblos di TPS 25, Kelurahan Tigaraksa, Rt 010/002, Jakarta Selatan.

Alex tidak mencoblos, karena bukan warga Jakarta. Namun dia dijadwalkan akan mendampingi wakilnya Nono mencoblos di TPS 2, Perumahan Tanjung Mas, RT 02/01, Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa.

Senasib dengan Alex, Jokowi juga tidak bisa memilih karena bukan warga Jakarta. Belum diketahui, apakah Jokowi akan mendampingi wakilnya Ahok yang dijadwalkan mencoblos di TPS 059, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, RW 014, Muara Karang Blok 8.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)