alexametrics

Hoaks Meningkat di Jakarta Selama Wabah Virus Corona

loading...
Hoaks Meningkat di Jakarta Selama Wabah Virus Corona
Hoaks Meningkat di Jakarta Selama Wabah Virus Corona
A+ A-
JAKARTA - Polda Metro Jaya mencatat ada beberapa angka kejahatan yang meningkat dan menurun saat pandemic virus Corona atau Covid-19 di Jakarta. Namun, kejahatan yang meningkat selama wabah virus Corona terjadi di Ibu Kota adalah penyebaran berita bohong atau hoaks.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, modus kejahatan baru saat ini tidak ada. Tapi, kata dia, ada peningkatan di beberapa sektor yang terjadi seperti hoaks, penebar kebencian, menyebarkan berita bohong tentang Covid-19.

Angka kejahatan lainnya seperti kejahatan jalanan dinilai saat ini sudah menurut. Laporan polisi terkait kejahatan yang masuk ke Polda Metro Jaya juga diklaim menurun selama wabah virus corona ini masih ada.



"Crime total dibandingkan dengan April misalnya Maret tahun yang lalu itu menurun. Dan juga kita bandingkan lagi dengan hari per hari atau bulan per bulan. Satu hari berapa sih LP yang masuk ke sini itu di bawah dari hari yang sebelum Covid-19," katanya di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Meski ada peningkatan di kasus hoaks, Yusri menegaskan, pihaknya tetap gencar mengantisipasi berita bohong terkait virus Corona yang tersebar saat ini. Caranya dengan lebih menggiatkan patroli siber yang dikakukan oleh anggota kepolisian.

"Tapi kan dari kepolisian terus melakukan patroli siber, ya memprofiling meraka-mereka semua. Terus kemudian kita akan menindak tegas para pelaku-pelakunya," pungkas Yusri. (Baca juga:Ada 43 Kasus Hoaks Terkait COVID-19, Polisi: Kami akan kejar!)
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak