Cegah Penularan Covid-19, Drone Semprotkan Disinfektan di Penjaringan

Senin, 30 Maret 2020 - 10:53 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Drone Semprotkan Disinfektan di Penjaringan
Cegah Penularan Covid-19, Drone Semprotkan Disinfektan di Penjaringan
A A A
JAKARTA - Wabah virus Corona atau Covid-19 di DKI Jakarta semakin memprihatinkan. Tak hanya kalangan lanjut usia, virus mematikan ini juga menyasar diberbagai golongan usia termasuk balita. Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Corona ini, berbagai hal telah dilakukan pemerintah daerah, seperti yang dilakukan kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu 29 Maret 2020.

Dengan menggunakan drone sebagai media penyemprotan cairan disinfektan. Camat Penjaringan, Depika Romadi mengatakan, penyemprotan dilakukan di tiga lokasi pemukiman masyarakat. "Dua di kelurahan Pluit, dan satu di kelurahan Kamal muara," Kata Depika. (Baca juga: Cegah Corona, DPR Batasi Anggota dan Wartawan Hadiri Rapat Paripurna )

Dari ketiga lokasi tersebut, Depika menerangkan bagian lokasi penyemprotannya. Drone, kata dia, hanya akan menyemprot di sisi ruas jalan dan halaman rumah warga. "Yang disemprot itu jalanan dan halaman rumah. Untuk jalanan menggunakan cara biasa (semprot manual), untuk halaman menggunakan drone. Dan penggunaan drone ini baru pertama kali kita lakukan," terangnya.

Dalam pengerjaan disinfektan ini, Depika mengatakan, dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyemprotkan disinfektan dalam satu lokasinya. "Perkiraan dari penyemprotan tiga lokasi ini akan selesai siang nanti. Selain penyeterilan wilayah seperti ini, kami juga tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah jika memang tidak terlalu penting di luar," katanya.

Untuk mencegah penyebaran sekaligus memutus mata rantai virus Covid-19 ini, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara tidak hanya sendiri, kegiatan penyemprotan ini berkolaborasi dengan BPBD DKI Jakarta. "Yang bekerja sama dengan PT Nusa Indonesia," katanya. (Baca juga: Polda Metro Minta Masyarakat Tak Sebar Berita Hoaks Virus Corona )
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7654 seconds (0.1#10.140)