Efek Corona, Apa yang Dipelajari Siswa pada Hari Pertama Besok di Rumah?

Minggu, 15 Maret 2020 - 14:38 WIB
Efek Corona, Apa yang Dipelajari Siswa pada Hari Pertama Besok di Rumah?
Efek Corona, Apa yang Dipelajari Siswa pada Hari Pertama Besok di Rumah?
A A A
JAKARTA - Diliburkannya pelajar sejumlah sekolah di Jakarta Utara, besok atau Senin (16/3/2020) membuat Sudin Pendidikan II menyiapkan materi pembelajaran.

Pada hari pertama, metode pembelajaran di rumah akan membahas seputar virus Corona (Covid-19).

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara Abdul Rachem mengatakan, Covid-19 akan menjadi tema metode pembelajaran di rumah pada hari pertama. Tema ini dipilih guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman murid terhadap penyakit infeksi menular tersebut. (Baca juga: DKI Imbau Masyarakat Ibadah di Rumah dan Menunda Resepsi Pernikahan)

"Banyak yang bisa digali dari tema Covid-19. Mulai dari aspek sejarah, biologi, kimia, hingga pencegahan agar tidak tertular," ujarnya, Minggu (15/3/2020).

Metode pembelajaran di rumah, salah satunya dilakukan melalui grup aplikasi WhatsApp.

Melalui aplikasi ini, guru dan murid berinteraksi setiap harinya dengan mengakses modul pembelajaran daring seperti Si Pintar, Rumah Belajar, Sekolah Mu, e-Modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Google Class, dan lain sebagainya.

"Jadi ambil konten belajarnya di sana. Guru membuat materi. Dan setiap murid harus melaksanakan tugas yang dikirim kembali melalui grup WhatsApp," jelasnya. (Baca juga: Waspada Corona, DKI Akan Data PNS yang Baru Pulang dari Luar Negeri)

Untuk sekolah dasar, pembelajaran di rumah diakomodir orang tua murid dan guru melalui grup WhatsApp. Seluruh tugas yang dikirim akan dinilai sesuai ketentuan yang berlaku di sekolah masing-masing.

"Konsepnya sama seperti belajar di sekolah. Hanya saja ini di rumah. Murid tetap belajar di rumah. Dan guru pun masih tetap bertugas seperti biasanya," ujar Rachem.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4503 seconds (0.1#10.140)