Tangga Darurat Jalan Tol Japek Layang Rampung Akhir Februari

Kamis, 27 Februari 2020 - 20:30 WIB
Tangga Darurat Jalan Tol Japek Layang Rampung Akhir Februari
Tangga Darurat Jalan Tol Japek Layang Rampung Akhir Februari
A A A
JAKARTA - PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) memastikan pembangunan delapan tangga darurat Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) rampung pada akhir bulan ini. Dari delapan tanggga darurat yang dibangun, enam di antaranya sudah mulai rampung.

Direktur Utama PT JJC, Djoko Dwijono mengatakan, pembangunan delapan tangga darurat tersebut sejak 6 Januari 2020."Saat ini kami telah menyelesaikan enam dari total delapan tangga darurat yang harus dibangun di sepanjang tol Japek Elevated II," kata Djoko kepada wartawan Kamis (27/2/2020).

Menurut dia, tangga darurat ini sudah bisa digunakan masyarakat pada pertengahan Maret ini. Sebab, masih ada finishing pemasangan guard rail untuk pelindung tangga di atas dan pekerjaan perapihan di bawahnya."Kemungkinan pertengahan Maret bisa digunakan," ujarnya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan dilengkapi dengan delapan titik tangga darurat. Kedelapan tangga darurat tersebut akan terpasang di tengah/median jalan tol, tidak jauh dari area U-turn. Tepatnya, terletak di Kilometer (Km) 13+200, Km 17+200, Km 21+500.

Kemudian Km 24+800, Km 28+300, Km 31+900, Km 36+700, dan Km 38+600. Meski demikian, dia menegaskan, penggunaan tangga tersebut nantinya hanya untuk keperluan darurat, misalnya evakuasi korban kecelakaan yang disupervisi oleh petugas layanan jalan tol Jasa Marga.

Tangga darurat ini tidak dapat digunakan pengguna jalan untuk keperluan-keperluan lainnya seperti buang air, makan ataupun istirahat."Teknisnya, pengguna jalan yang mengalami keadaan darurat akan diarahkan petugas untuk menuruni anak tangga darurat menuju ke Jalan tol dibawahnya," ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, pengerjaan pembangunan tangga darurat setiap harinya yang dimulai pada window time weekday pukul 22.00 sampai dengan 05.00 WIB dan untuk window time weekend dimulai pada pukul 20.00 sampai dengan 06.30 WIB di kedua arahnya.

Tahapan pekerjaan di delapan titik lokasi tersebut dimulai dari pembuatan pondasi, pembobokan parapet/barrier, erection dan struktur tangga darurat hingga pembuatan akses/tutupan tangga darurat. Pekerjaan minor, seperti pembobokan parapet/barrier dilaksanakan situasional.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5233 seconds (0.1#10.140)