Antisipasi Musim Hujan, Transjakarta Lakukan Persiapkan Rekayasa Rute

Sabtu, 11 Januari 2020 - 14:48 WIB
Antisipasi Musim Hujan, Transjakarta Lakukan Persiapkan Rekayasa Rute
Antisipasi Musim Hujan, Transjakarta Lakukan Persiapkan Rekayasa Rute
A A A
JAKARTA - PT Transjakarta telah menyiapkan sederet antisipasi terganggunya pelayanan karena musim hujan yang diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan.

"Tingginya curah hujan dan beberapa faktor lain yang membuat cuaca ekstrim terjadi di Jakarta awal tahun ini menjadikan persiapan yang dilakukan oleh perseroan lebih ekstra dari tahun sebelumnya," ungkap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo pada wartawan, Sabtu (11/1/2020).

Nadia mengatakan, langkah awal yang dilakukan pihaknya adalah bekerja sama dengan Pemprov DKI dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dengan menyiapkan pengalihan rute. Hal ini dilakukan agar pelanggan tetap bisa terlayani dengan baik dan dapat mengantarkan warga menuju tujuan lokasi terdekat apabila banjir.

"Pengalihan rute koridor ini dilakukan menggunakan berbagai model, di antaranya rute poros, pengalihan terdekat, perpendekan dan perpanjangan, mix koridor dan mix armada," tuturnya.

Selain rute persiapan perseroan, lanjut Nadia, pihaknya juga menyiapkan kualitas armada bus yang siap menghadang banjir. Dalam hal ini, semua bus yang terkena banjir pada awal tahun lalu sudah selesai dilakukan perawatan.

Selanjutnya, pihaknya melakukan penempatan dan perubahan posisi armada-armada pada depo terdekat rute dan perubahan posisi penempatan lokasi armada low entry yang rentan banjir. "Pemilihan armada-armada tangguh yang masih mampu menerjang banjir pada ketinggian tertentu dilokasikan pada rute yang kemungkinan akan ada genanganya," terangnya.

Selain armada dan rute, halte dan depo pun menjadi perhatian. Salah satunya, dengan mempersiapkan genset dan penambahan shelter untuk berteduh pada lokasi bus stop tertentu. Bahkan, menyiapkan pula formasi petugas piket hingga petugas pelayanan dan petugas pengamanan jalur.

"Lampu emergency, obat obatan, titik posko terdekat yang disiapkan oleh BPBD, nomor telepon bantuan bencana, tim medis dan Transcare untuk pelanggan berkebutuhan khusus pun kita siapkan," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6521 seconds (0.1#10.140)