Pemprov DKI dan PUPR Inventarisasi Tanggul Jakarta yang Rawan Jebol

Jum'at, 10 Januari 2020 - 00:37 WIB
Pemprov DKI dan PUPR Inventarisasi Tanggul Jakarta yang Rawan Jebol
Pemprov DKI dan PUPR Inventarisasi Tanggul Jakarta yang Rawan Jebol
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian PUPR tengah mengumpulkan data mengenai tanggul yang rawan jebol di Ibu Kota.

"Kami sudah menemukan di banyak tempat potensi retak-retak yang bila ada tekanan besar, punya risiko," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Anies menambahkan, bahwa tanggul-tanggul yang dimaksud tersebut merupakan penahan air yang sudah mulai terkikis oleh air maupun karena tanah longsor.

"Bicara tanggul-tanggul tadi. Kan itu bukan jebol, tapi kan retak. Kemudian tanggul-tanggul yang bawahnya longsor, terkikis, erosi. Itu sekarang laporan dari lurah camat itu kita kumpulkan semua," katanya.

Mantan Mendikbud itu menjelaskan bahwa dirinya menyebutkan banyak tanggul yang sudah mulai retak bukan untuk menakuti atau membuat khawatir warga. Namun, justru untuk mulai diperbaiki dan mencegah terjadinya bencana yang tak diinginkan menimpa warga Jakarta.

"Saya sampaikan ini bukan untuk membuat khawatir, bukan. Ini untuk menyampaikan bahwa kami mengumpulkan itu semua untuk mengamankan sehingga sesegera mungkin kita lakukan penguatan. Jadi harapannya bisa mencegah kejadian, daripada sudah jebol, baru diperbaiki," tutup Anies.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6839 seconds (0.1#10.140)