Ular Kobra Mereda, Giliran Ulat Bulu yang Teror Pemukiman Warga Jakarta

Rabu, 08 Januari 2020 - 22:32 WIB
Ular Kobra Mereda, Giliran Ulat Bulu yang Teror Pemukiman Warga Jakarta
Ular Kobra Mereda, Giliran Ulat Bulu yang Teror Pemukiman Warga Jakarta
A A A
JAKARTA - Setelah fenomena kemunculan ular kobra yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya mereda, kini giliran ulat bulu yang meneror pemukiman warga. Cuaca buruk yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan populasi ulat bulu meningkat drastis.

Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), UPT Pusbang Benih dan Proteksi Tanaman, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Arif Santoni, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan warga atas keberadaan ulat bulu yang menyerang pemukiman.

"Terkait aduan populasi ulat bulu di Jakarta Timur yang sudah masuk, itu di wilayah Kampung Pule, Kelurahan Cijantung, dan di wilayah Kelurahan Kramat Jati," kata Arif di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (8/1/2020).

Menurut Arif, kemunculan ulat bulu itu merupakan peristiwa yang lumrah, dimana populasi ulat bulu saat musim hujan cenderung lebih banyak apabila dibandingkan dengan musim kemarau.

Arif menuturkan, laporan paling baru diterima dari warga RT 10/RW 03, Kelurahan Kramat Jati, Jakarta Timur. "Kramat Jati laporannya baru masuk hari ini. Kalau yang di Batu Ampar dan Bidara Cina, belum ada," tuturnya.

Sebelumnya, pada Senin (6/1/2020) lalu warga Kelurahan Batu Ampar melaporkan keberadaan ulat bulu ke Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur.

Kasi Ops Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaeman, mengatakan, penanganan ulat bulu dilakukan dengan cara menyemprot foam (busa). "Penanganan ulat bulu dilakukan menggunakan foam dengan cara disemprot," kata Gatot.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7676 seconds (0.1#10.140)