Merinding, Sudah 1 Minggu Ratusan Ulat Bulu Teror Warga Bogor

Senin, 15 November 2021 - 20:11 WIB
loading...
Merinding, Sudah 1 Minggu Ratusan Ulat Bulu Teror Warga Bogor
Petugas BPBD Kota Bogor membersihkan ulat bulu yang meneror warga di Kampung Cimanggu Wates, Kelurahan Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Sebanyak empat rumah warga di Kampung Cimanggu Wates, Kelurahan Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor diteror ratusan ulat bulu. Diduga kuat ribuan ulat bulu tersebut berasal dari pohon mangga.

Salah satu warga Dian mengatakan, teror ulat bulu sudah berlangsung sejak sepekan terakhir. Teror ulat bulu ini pun baru pertama kali terjadi di wilayahnya.

"Jadi sekitar satu mingguan (ulat) mulai masuk ke rumah. Banyak saja ulat masuk ke rumah, pada turun. Tapi setahu saya jarang terjadi baru pertama kali pohon mangga ini ada ulat sebanyak ini," kata Dian kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

Dia tidak mengetahui pasti penyebab banyaknya ulat bulu di pohon mangga tersebut. Khawatir semakin banyak, warga sekitar memutuskan untuk meminta bantuan BPBD memangkas pohon.

"Mungkin peralihan musim ya. Karena di sini banyak anak kecil, permukiman padat jadi kita khawatir akan mengganggu kita putuskan tebang pohon ini karena juga mulai tidak produktif juga pohon ini," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Regu 1 BPBD Kota Bogor Bambang Sarawidyanto menuturkan, ulat-ulat itu memang berasal dari pohon mangga. Ulat juga sudah merayap ke dinding empat rumah warga.

"Cukup banyak, jadi ada sekitar empat rumah masuk ke dinding dan langit-langit rumah," tuturnya. Baca: Eksekutor Begal yang Tewaskan Karyawati Basarnas Ditangkap

Adapun upaya yang dilakukan yakni menyemprotkan cairan insektisida agar sebaran ulat tidak meluas. Selanjutnya, pohon mangga pun ditebang. "Kami melakukan penyemprotan memakai insektisida agar tidak meluas dan dari warga minta untuk memapas pohon mangga itu. Mungkin habitatnya juga bisa ya, jadi mungkin ada pengembangbiakan ulat di pohon mangga itu," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)