Tol Cibitung Arah Jakarta Tergenang, Jasa Marga Berlakukan Contraflow

Kamis, 02 Januari 2020 - 10:06 WIB
Tol Cibitung Arah Jakarta Tergenang, Jasa Marga Berlakukan Contraflow
Tol Cibitung Arah Jakarta Tergenang, Jasa Marga Berlakukan Contraflow
A A A
BEKASI - Hujan deras yang mengguyur Bekasi, Kamis (2/1/2020) pagi membuat titik genangan air di Jalan Tol Jakarta – Cikampek. Saat ini terdapat genangan air di Km 24+000 (Cibitung) arah Jakarta setinggi hingga 20 cm di Lajur 1-Lajur 4 sehingga tidak mungkin dilintasi oleh kendaraan yang hendak menuju Jakarta.

”Pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta dialihkan keluar melalui akses keluar Cibitung 2 (arah MM 2100) Km 25+000,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru. Menurut dia, kondisi genangan cukup tinggi dan bisa dilintasi. (Baca Juga: Sejumlah Jalan di Jakarta Masih terendam Banjir, Ini Daftarnya)

Untuk itu, kata dia, pengguna jalan dapat melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional (Kalimalang) dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Tambun di Km 21+000. ”Kami arahkan keluarkan menuju jalan arteri Kalimalang, dan kembali masuk di Tambun,” katanya.

Untuk mengurangi kepadatan yang saat ini terjadi akibat genangan di Km 24+000 arah Jakarta, saat ini Jasa Marga atas diskresi kepolisian memberlakukan contraflow mulai dari Cikarang Barat Km 29 hingga Cibitung Km 23+800 arah Jakarta sejak pukul 08.15 WIB. Hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan arah Jakarta. (Video: Remaja Tewas Tersengat Listrik Saat Banjir di Kemayoran )

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dari arah Cawang/Halim yang menuju Jalan Tol JORR, saat ini GT Cikunir 4 yang mengarah ke Rorotan beroperasi normal, sementara yang mengarah ke arah Jatiasih dialihkan melalui GT Kalimalang tanpa transaksi (dengan menunjukan tanda terima GT Cikunir 4 kepada petugas).

Sementara itu, update untuk Gerbang Tol (GT) di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang saat ini ditutup sementara demi keamanan pengguna jalan adalah GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cibitung 1 & 2, GT Cikarang Barat 5, GT Cikarang Timur arah Jakarta, GT Cibatu, GT Cikarang Utara arah Jakarta serta GT Karawang Barat 2 arah Jakarta.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air. (Baca Juga: Bencana Banjir, DMI: Masjid SIap Jadi Tempat Berlindung Warga)

Selain itu, untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan 2 unit pompa diesel moveable, 1 unit pompa submersible dan 4 unit pompa portable.”Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7853 seconds (0.1#10.140)