Puluhan Siswa Kena Hepatitis A, Dinkes Periksa Jajanan di SMPN 20 Depok

Kamis, 21 November 2019 - 20:11 WIB
Puluhan Siswa Kena Hepatitis A, Dinkes Periksa Jajanan di SMPN 20 Depok
Puluhan Siswa Kena Hepatitis A, Dinkes Periksa Jajanan di SMPN 20 Depok
A A A
DEPOK - Pasca kejadian puluhan siswa SMP Negeri 20 Depok diduga terkena virus Hepatitis A secara bersamaan, Dinas Kesehatan (Dinkes) memeriksa jajanan di sekitar Jalan Martadinata, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas. Pengambilan sampel makanan bertujuan untuk memastikan sumber virus tersebut.

Dinkes juga sudah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah siswa yang terjangkit. "Kita sudah periksa semua siswa. Kita juga melakukan pemeriksaan kepada sejumlah pedagang makanan yang ada di sekitar SMPN 20," kata Kepala Dinkes Depok, Novarita, Kamis (21/11/2019). (Baca juga: Puluhan Siswa Diserang Hepatitis A, Dinkes Depok Nyatakan KLB Parsial)

Novarita menjelaskan, penyebab utama penyebaran virus atau penyakit Hepatitis A itu berasal dari makanan yang tercemar. Meski begitu, pihaknya masih menunggu hasil dari lab yang diambil dari makanan jajanan sekolah itu.

"Kami lakukan cek darah dan pemeriksaan anus kepada penderita. Hal itu dilakukan untuk mengetahui dari mana virus itu berasal. Kami masih menunggu waktu sekitar dua minggu, sampai hasil cek darahnya keluar," jelasnya.

Dinkes telah melakukan penyuluhan pola hidup sehat kepada seluruh sekolah yang ada di Kota Depok. "Ayo jaga kebersihan, lakukan pola hidup sehat. Bagi anak-anak, jangan jajan sembarangan agar tidak terserang penyakit," pungkasnya.Hepatitis A merupakan peradangan organ hati akibat infeksi virus hepatitis A. Infeksi dapat mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah melalui makanan atau minuman.

(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6006 seconds (0.1#10.140)