alexametrics

Puluhan Siswa Diserang Hepatitis A, Dinkes Depok Nyatakan KLB Parsial

loading...
Puluhan Siswa Diserang Hepatitis A, Dinkes Depok Nyatakan KLB Parsial
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
DEPOK - Puluhan siswa Depok terindikasi terjangkit virus Hepatitis A. Temuan ini diketahui ketika tiba-tiba murid SMPN 20 banyak yang merasa lemas saat upacara dan dibawa ke ruang UKS.

Kepala Sekolah SMPN 20 Depok, Komar Suparman, mengatakan, awal terjangkitnya penyakit itu diketahui ketika tengah dilakukan Upacara Bendera rutin pada hari Senin, 11 November 2019. Dimana, banyak siswa yang harus dilarikan ke ruang PMR karena lemas. "Saat itu, ada siswa yang bawa oleh rekannya petugas PMR. Kalau hanya satu atau dua orang mungkin biasa, anehnya ini sampai kurang lebih 50 orang. Kejadian itu hampir bersamaan," katanya, Rabu (20/11/2019).

Saat itu pihak sekolah mengira puluhan anak tersebut mengalami kelelahan karena belum sarapan. Setelah dibawa ke ruangan PMR mereka diberi makanan kecil dan air minum. Kemudian sebagian dari mereka, ada yang melanjutkan belajar di kelas sedangkan sebagian lagi pulang dijemput orang tuanya.



"Pada hari Selasa, mulai ada siswa yang tidak masuk sekolah. Hingga pada malam harinya, kami memperoleh kabar dari salah satu orang tua siswa yang mengatakan bahwa anaknya teridentifikasi mengalami Hepatitis A," ungkapnya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Komar mengaku langsung berkoordinasi dengan pihak Puskesmas. Pada hari Kamis, sejumlah personel kesehatan Puskesmas datang ke sekolah untuk melakukan pendataan siswa yang tidak masuk sekolah (absen), karena terjangkit virus Hepatitis A.

"Jumat malam kami memperoleh informasi ada 15-17 siswa yang di rawat. Pada hari Sabtu dan Minggu, ternyata jumlahnya semakin bertambah hingga pada hari Senin kemarin jumlah total siswa yang dirawat mencapai 35 orang," katanya.

Komar menuturkan, pada Senin, 18 November 2019 Tim Dinas Kesehatan Kota Depok telah berkunjung dan mengambil sample darah, juga memeriksa kondisi kesehatan siswa secara keseluruhan. Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tubuh siswa, pihak medis menduga kuat siswa di SMPN 20 Depok terkena penyakit Hepatitis.

"ni terlihat dari kondisi fisik siswa yang diperiksa mereka lemas, mual, sering muntah, pada bagian dada sakit seperti di tonjok," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Novarita mengatakan, kasus ini masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) parsial. "Ya, ini masuk dalam KLB tapi tergolong parsial atau masih dalam lingkungan sekolah saja," katanya.

Dia menduga penyakit tersebut cepat menjalar lantaran kurangnya penerapan pola hidup sehat di lingkungan sekolah. Pasalnya, virus akan cepat menyebar ketika seseorang menjamah makanan dalam kondisi tangan yang kotor.

"Atau bisa juga karena makanan yang kurang baik, oleh sebab itu masalah Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) sangat penting. Seperti cuci tangan sebelum makan, jangan makan sembarangan," ucapnya.

Selain itu, PHBS juga harus diterapkan di lingkungan luar sekolah. Penerapan, kedisiplinan kesehatan agar tidak terjangkit oenyakit salah satunya membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan. "Cuci pakai sabun, dan jangan asal memegang makanan apapun dan dimanapun," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak