DPRD DKI Dukung Program Pembinaan Sanggar Seni Budaya di Jakarta

Kamis, 14 November 2019 - 10:27 WIB
DPRD DKI Dukung Program Pembinaan Sanggar Seni Budaya di Jakarta
DPRD DKI Dukung Program Pembinaan Sanggar Seni Budaya di Jakarta
A A A
JAKARTA - Komisi B DPRD DKI Jakarta menerima usulan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jakarta untuk kembali menghidupkan kegiatan pembinaan sanggar seni budaya . Upaya tersebut dilakukan sebagai ajang promosi pariwisata dalam menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Azis mengatakan, Komisi B siap mendukung rencana Disparbud DKI dalam menggalakkan pembinaan sanggar seni budaya."Kami bersepakat untuk menaikkan alokasi anggaran pembinaan sanggar seni agar para seniman di Jakarta dapat menampilkan hasil karyanya dihadapan wisatawan mencanega," kata Azis kepada wartawan, Kamis (14/11/2019).

Menurut Azis, Disparbud DKI Jakarta harus rutin menggelar festival pariwisata, sebab ajang tersebut dapat dijadikan sebagai promosi kepada wisatawan mancanegara, agar dapat melihat Jakarta secara lebih dekat dan menyeluruh melalui aspek budaya Betawi."Promosi pariwisata yang tidak dilakukan secara konsisten berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan ke Ibu Kota.

Aziz meminta Disparbud membuat target kerja agar program itu dapat dimaksimalkan, dan pengaruhnya berdampak positif bagi kesejahteraan warga DKI. (Baca: Anies Ingin 'Hidupkan' Kembali Kegiatan Kebudayaan di Jakarta)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali menuturkan, sebagian program kegiatan bidang pariwisata yang sempat ditiadakan dalam rangka penghematan anggaran, disepakati untuk dihidupkan kembali. Terutama, kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Kami akan memberikan latihan khusus kepada para seniman agar dapat mengelola sanggar seni budaya sebaik mungkin. Fasilitasi pembinaan yang diberikan berupa penyediaan narasumber untuk membantu pengelolaan manajemen sanggar seni budaya," tuturnya.

Alberto berjanji akan mengikutsertakan sanggar seni budaya di sejumlah acara yang digelar Pemprov DKI dan pemerintah pusat, serta hotel berbintang."Wadah untuk para pelaku seni dalam menampilkan hasil kesenian sangat dinantikan masyarakat Jakarta," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7259 seconds (0.1#10.140)