Antisipasi Rabies, Pemprov DKI Berikan Layanan Vaksinasi Hewan Gratis

loading...
Antisipasi Rabies, Pemprov DKI Berikan Layanan Vaksinasi Hewan Gratis
Antisipasi Rabies, Pemprov DKI Berikan Layanan Vaksinasi Hewan Gratis
JAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan memberikan pelayanan vaksinasi gratis kepada hewan penular rabies (HPR). Kegiatan ini diselenggarakan pada 1-9 Oktober 2019.

Sekretaris Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, vaksinasi gratis ini bertujuan untuk memastikan hewan peliharaan masyarakat di DKI terhindar dari rabies dan semoga hal ini dapat dimanfaatkan masyarakat. "Menjaga dan merawat hewan peliharaan merupakan suatu keharusan, dan melidunginya dari penyakit itu tugas kita," kata Eliawati saat dihubungi SINDOnews, Selasa (1/10/2019).

Eliawati menuturkan, pelayanan vaksinasi gratis kali ini juga sebagai bentuk kepedulian atas sesama makhluk hidup, dimana hewan-hewan peliharaaan yang sejatinya dirawat dan mendapatkan perlakuan khusus dari majikannya harus benar-benar terhindar dari rabies. "Kegiatan tersebut juga diadakan untuk memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia pada 28 September lalu," ujarnya

Adapun lokasi pelaksanaan vaksinasi rabies gratis, pertama di wilayah Jakarta Barat, kegiatan dipusatkan di Kelurahan Duri Kosambi dan Kalideres pada 2-4 Oktober 2019. Kedua Jakarta Selatan, dipusatkan di Kelurahan Pondok Pinang pada 1 Oktober 2019; Perum Bumi Karang Indah Lebak Bulus tanggal 2 Oktober 2019; dan Perum Pesanggrahan Puspita pada 3 Oktober 2019.



Ketiga Jakarta Timur, kegiatan diselenggrakan secara serentak pada 3 Oktober 2019 di Kelurahan Pekayon, Kelurahan Kalisari, dan Kompleks Metland Cakung. Keempat Jakarta Utara, di Kelurahan Sunter Agung pada 2 Oktober 2019; dan Kelurahan Rorotan tanggal 3 Oktober 2019.

Kelima Jakarta Pusat, di Kelurahan Sumur Batu pada 2 Oktober 2019; dan Kelurahan Kartini tanggal 3 Oktober 2019. Keenam Kepulauan Seribu, dipusatkan di Kelurahan Pulau Harapan pada 7-9 Oktober 2019.

"Khusus pelaksanaan kegiatan di Jakarta Barat pelayanan yang diberikan berupa vaksinasi rabies dan pengobatan. Sementara di lokasi lain hanya vaksinasi rabies," ujarnya.

Dengan kegitan pelayanan vaksinasi gratis diharapkan DKI Jakarta yang telah ditetapkan sebagai provinsi bebas rabies oleh Menteri Pertanian sejak 2004 lalu dapat kembali mempertahankan prestasi tersebut. Maka itu paran aktif masyarakat adalah kunci sukses mempertahankan Jakarta Bebas Rabies.

"Mari bersama-sama peduli dan berkomitmen dalam penanganan rabies, manfaatkan layanan gratis vaksinasi dan sterilisasi HPR di lokasi terdekat," ucapnya.
(whb)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top