Ini Kronologis Kericuhan Demo Mahasiswa di DPR

Rabu, 25 September 2019 - 21:44 WIB
Ini Kronologis Kericuhan Demo Mahasiswa di DPR
Ini Kronologis Kericuhan Demo Mahasiswa di DPR
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Manik Marganamahendra mengatakan, unjuk rasa yang berujung rusuh di depan Gedung DPR, Selasa 24 September 2019, diduga ulah oknum. Karena saat itu, mahasiswa sedang menunggu dan berharap Ketua DPR RI keluar dari gedung tersebut untuk menemui massa dari para mahasiswa.

Namun sekitar pukul 16.20 WIB ada beberapa oknum menyerukan untuk menggoyang pintu gerbang DPR dan aparat memukul mundur para mahasiswa yang ada di depan gerbang DPR RI.

"Setelah dipukul mundur, ada aksi pembakaran dan watercanon serta gas air mata dikeluarkan aparat. Setelah itu teman-teman mahasiswa kami tarik mundur. Yang jelas yang membakar itu bukan dari mahasiswa, itu oknum," kata Manik di Depok, Rabu (25/9/2019).

Mahasiswa menggelar aksi untuk menolak sejumlah Rancangan Undang-undang (RUU) di gedung DPR RI kemarin. Sayangnya sempat terjadi kericuhan menjelang petang.

"Kami pun sudah mengamankan massa mahasiswa ke belakang. Dan kami tidak tahu di depan DPR RI siapa," ucapnya. (Baca Juga: YLBHI Sebut 50 Mahasiswa Hilang Kontak Usai Demo di DPR
Dia menegaskan, bahwa aksi ini murni untuk menuntut RUU itu dicabut dan tidak ada yang menunggangi mahasiswa. Dia pun sangat menyayangkan terjadinya ricuh dalam unjuk rasa tersebut. "Aksi kami tidak ada yang menunggangi," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3937 seconds (0.1#10.140)