Kamera ETLE di Jalan Tol Bakal Dipercanggih

Sabtu, 21 September 2019 - 12:45 WIB
Kamera ETLE di Jalan Tol Bakal Dipercanggih
Kamera ETLE di Jalan Tol Bakal Dipercanggih
A A A
JAKARTA - Polisi bersama Jasa Marga bakal memasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Tol Jakarta pada bulan Oktober 2019. Nantinya, kamera ETLE itu bakal dipercanggih agar bisa melakukan perekaman pelanggaran secara baik.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Nasir mengatakan, ada penambahan fitur pada kamera ETLE yang akan dipasang di ruas jalan bebas hambatan itu. Dengan begitu, kamera tersebut bisa merekam kendaraan yang melebihi muatan.

"ETLE yang sudah ada ditambah (fitur) yang dapat mendeteksi kendaraan yang melebihi batas kecepatan, over dimension (pelanggaran dimensi), dan overloading," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (21/9/2019). (Baca Juga: 7 Hari Penerapan Tilang ETLE, Ratusan Pelanggar Terekam Setiap Hari
Menurutnya, kamera ETLE itu bakal di pasang di ruas jalan tol dalam kota yang masuk wewenang PT Jasa Marga. Hanya saja, belum disebutkan lokasi tepat pemasangan kamera tersebut. (Baca Juga: ETLE Berlaku di Sudirman-Thamrin, 10 Kamera Super Canggih Mengintai
"Pertama di ruas tol dalam kota, tinggal penempatan-penempatan kamera di wilayah yang menjadi wewenang PT Jasa Marga. Jalan tol kan beda-beda, tak semua wewenang PT Jasa Marga," katanya.Sekadar diketahui, sebanyak 12 kamera ETLE yang dipasang di ruas Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta mampu menangkap sejumlah jenis pelanggaran. Pelanggaran itu di antaranya terkait penggunaan seat belt (sabuk pengaman), penggunaan ponsel saat mengendarai mobil, dan pelanggaran marka jalan. (Baca Juga: ETLE Berlaku Mulai 1 Juli, Bisa Rekam Main Ponsel hingga Tak Pakai Safety Belt(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6124 seconds (0.1#10.140)