Kota Bekasi Beberkan Alasan Warga Ingin Gabung Jakarta daripada Bogor Raya

Rabu, 21 Agustus 2019 - 17:34 WIB
Kota Bekasi Beberkan...
Kota Bekasi Beberkan Alasan Warga Ingin Gabung Jakarta daripada Bogor Raya
A A A
JAKARTA - Wacana bergabungnya Kota Bekasi ke Provinsi DKI Jakarta terus bergulir. Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh Wali Kota Bekasi terkait ingin bergabungnya Bekasi ke DKI ketimbang ke Bogor Raya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat Kota Bekasi berkeinginan bergabung dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya adalah kedekatan secara kultur.

Menurut Rahmat, selain karena kedekatan kultur, perbedaan APBD yang besar juga menjadi pertimbangan lain. Sebagai perbandingan, APBD DKI Jakarta tahun 2019 diketahui sebesar Rp77,9 triliun. Sedangkan anggaran daerah Bekasi tahun ini sebesar Rp6,6 triliun.

"Kota Bekasi melihat dari berbagai sisi dari kultur dari emosional, dari topografi dan kedekatakan dengan DKI Jakarta ya kan kita lemparkan bahwa kita lebih berpotensi umpamanya membangun provinsi atau bergabung dengan DKI Jakarta," ujar Rahmat Effendi Wali Kota Bekasi saat dihubungi wartawan, Rabu (21/8/2019).

Selain itu, Rahmay berpendapat bahwa faktor lainnya adalah lainnya kemudahan akses transportasi bagi warga Kota Bekasi yang notabene banyak bekerja di Jakarta. Terlebih pembangunan transportasi di Jakarta begitu masif.

"Dari segi transportasi lebih dekat, transportasi lebih bagus, karena apa ? DKI punya sumber daya keuangan yang besar terus dari mobilitas pajak daerah satu dan lainnya," ungkapnya.

Rahmat menuturkan, meski rencana penggabungan dua daerah ini masih sebatas wacana di internalnya. Gagasan ini belum dibawa sampai ke tinggkat pemerintah pusat. "Enggak (belum ke pemerintah pusat) ini kan sekarang baru gagasan-gagasan," kata Rahmat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)