DPRD DKI Sarankan Pemprov Pelajari Pengelolaan Arsip dari Negara Maju

Senin, 29 Juli 2019 - 10:29 WIB
DPRD DKI Sarankan Pemprov...
DPRD DKI Sarankan Pemprov Pelajari Pengelolaan Arsip dari Negara Maju
A A A
JAKARTA - Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, meminta Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) DKI Jakarta untuk mempelajari pengelolaan arsip dari Negara-negara maju. Sebab Sistem kearsipan memiliki kedudukan penting dalam suatu lembaga.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Sereida Tambunan mengatakan, mempelajari pengelolaan dan penataan arsip dari negara-negara maju penting untuk dilakukan. "Kunci sukses pembangunan salah satunya melalui penataan arsip yang baik dan benar," Ujar Sereida kepada wartawan, Senin (29/7/2019).

Sereida menjelaskan, hal pertama yang wajib dipelajari dari negara-negara maju diantaranya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sistim IT, dan kreativitas pengelolaan.

Dia menambahkan, peran arsip sangat penting sebagai sumber informasi dalam pengambilan keputusan organisasi dan pelaksanaan, pelayanan administrasi kepada pegawai, dan masyarakat.

"Arsip akan berdaya guna bagi penggunanya apabila informasi yang terkandung di dalamnya bermanfaat dan tersedia dengan cepat. Sistem pengelolaan juga menjadi penting dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna," ungkapnya.

Kemudian, Sereida juga mengimbau agar Dispusip DKI melakukan pembekalan bagi para pegawainya agar lebih profesional dalam menjalankan tugas.

"Setelah studi komparatif, Dispusip DKI Jakarta dapat memberikan pengetahuan bagi pegawai melalui binbingan teknis," imbuhnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)