Lusa, Gerbang Tol Kalihurip dan Cikampek Utama Siap Layani Pemudik

Selasa, 21 Mei 2019 - 13:34 WIB
Lusa, Gerbang Tol Kalihurip dan Cikampek Utama Siap Layani Pemudik
Lusa, Gerbang Tol Kalihurip dan Cikampek Utama Siap Layani Pemudik
A A A
JAKARTA - Jasa Marga memastikan dua Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama siap layani pengguna jalan. Pengoperasian itu bertepatan dengan dipindahnya transaksi di GT Cikarang Utama (Cikarut) Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB.

"Kami pastikan tanggal 23 Mei 2019, pukul 00.00 WIB nanti, GT Cikampek Utama siap beroperasi untuk melayani transaksi pengguna jalan," kata General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurutnya, pemindahan transaksi dari GT Cikarang Utama itu merupakan bagian dari upaya mengoptimalkan fungsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai jalan tol radial Jabotabek yang menuju ke arah Jakarta agar pergerakan lalu lintasnya menjadi lebih lancar.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah menghilangkan Gerbang Tol Barrier (Utama) di beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga untuk mengurangi titik transaksi yang berpotensi menyebabkan antrean, sebagai implikasi dari integrasi ruas jalan tol, contohnya adalah Gerbang Tol Karang Tengah di ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Gerbang Tol Cibubur Utama dan Gerbang Tol Cimanggis Utama di Jalan Tol Jagorawi, GT Tembalang dan GT Manyaran di Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C, serta GT Meruya Utama, GT Rorotan di Jalan Tol JORR, juga GT Pondok Ranji Sayap Arah Bintaro di Jalan Tol Jakarta-Serpong.

"Hasilnya cukup efektif untuk mengurai kepadatan yang ada di satu titik, inilah yang kami harapkan juga terjadi di Jakarta-Cikampek," kata Raddy.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek, ungkapnya, menjadi jalan tol radial Jabotabek terakhir, yang diubah sistem transaksi menjadi sistem terbuka seluruhnya.

Sementara itu, General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, AJ. Dwi Winarsa menerangan, progres proyek pembangunan GT Cikampek Utama sudah mencapai 82,61 persen dan GT Kalihurip Utama mencapai 83,25 persen secara keseluruhan.

"GT Kalihurip Utama yang masuk dalam wilayah Jalan Tol Purbaleunyi siap beroperasi untuk melayani transaksi pengguna jalan, saat ini peralatan tol sudah terpasang semua," katanya.

Untuk fungsi masing-masing gerbang tol, GT Cikampek Utama berfungsi sebagai GT bagi pengendara yang berasal dari/menuju Timur (Jalan Tol Cikopo-Palimanan), sedang GT Kalihurip Utama dapat digunakan bagi pengendara yang berasal dari/menuju Selatan (Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6267 seconds (0.1#10.140)