Pemilihan Wagub DKI, Ahmad Syaikhu Berpeluang Besar Dampingi Anies

Senin, 20 Mei 2019 - 16:35 WIB
Pemilihan Wagub DKI,...
Pemilihan Wagub DKI, Ahmad Syaikhu Berpeluang Besar Dampingi Anies
A A A
JAKARTA - Hari ini DPRD DKI Jakarta akan memulai pemilihan wagub DKI yang dilakukan oleh panitia khusus (pansus). Dua nama kandidat cawagub yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto akan ditentukan anggota dewan untuk mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan.

Menurut Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, Ahmad Syaikhu punya kans lebih besar untuk terpilih sebagai wagub DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

"Sebab, Syaikhu lebih punya pengalaman sebagai Wakil Wali kota bekasi, pernah jadi anggota DPRD dan setidaknya pernah punya jam terbang di eksekutif dan legislatif," ungkap Pangi saat dihubungi SINDOnews, Senin (20/5/2019).

Ia menambahkan, hal tersebut merupakan modal bagi Syaikhu bisa menjadi pendamping Anies Baswedan. Namun yang terpenting lagi, menurut Pangi yaitu bagaimana ikatan emosional antara gubernur dan wagub didapat.

"Tidak ada matahari kembar, mengerti tupoksi masing masing, mereka saling mengisi, wagub Syaikhu saya yakin paham soal itu, beliau harus memainkan peran di belakang layar, pentas di depan itu urusan Anies," katanya.

"Wagub harus laten, mau bersabar dan menyelesaikan dan bekerja lebih detail soal soal teknis di belakang layar," terangnya.

Justru menurut Pangi saat Sandiaga masih menjadi wagub DKI, keduanya bagaikan matahari kembar. "Selama ini yang terjadi adalah baik gubernur dan wagub tidak saling mengisi, justru berebut panggung dan lahir matahari kembar," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2232 seconds (0.1#10.140)