Bermodal Foto dengan Kapolri, RH Raup Hasil Kejahatan Rp1 Miliar

Selasa, 09 Oktober 2018 - 22:51 WIB
Bermodal Foto dengan Kapolri, RH Raup Hasil Kejahatan Rp1 Miliar
Bermodal Foto dengan Kapolri, RH Raup Hasil Kejahatan Rp1 Miliar
A A A
JAKARTA - RH tersangka penipuan dengan modus mengaku sebagai sekretaris pribadi (Sespri) Kapolri memasat foto bersama Kapolri Jendrel Pol Tito Karnavian di profil WhatsApp-nya untuk meyakinkan korban pengusaha IT yakni, ER. Dalam aksinya ini RH meraup hasil kejahatan sebesar Rp1 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menerangkan, salah satu cara meyakinkan korban, pelaku memasang fotonya bersama Kapolri Jendrel Pol Tito Karnavian di profil Whats-App."Hasil pemeriksaan, foto itu didapat pelaku saat masih menjadi sopir di salah satu acara. Ketika itu pelaku melakuan selfie dengan Kapolri," kata Argo pada wartawan Selasa (9/10/2018).

Menurut Argo, bermodalkan foto itu, pelaku lalu melakukan aksi tipu-tipunya, yang mana merugikan kepolisian."Pelaku ini pernah menipu juga di Yogyakarta dan Makassar dengan modusnya berpura-pura menjadi polisi," ujarnya.

Sementara itu RH mengatakan, uang hasil kejahatannya itu digunakan untuk membeli dua kavling tanah di Palembang, membayar hutang, membeli sofa, buffet, dan kebutuhan keluarga. Namun, semua perabotan itu sudah disita polisi.( Baca: Sespri Kapolri Gadungan Diringkus, Berkomplot Tipu Pengusaha )

"Kalau uang sisanya sudah habis, Tanah sudah dijual lagi dan sudah habis (uangnya) untuk keseharian saja," ujar RH. Dia mengaku, sudah dua kali melakukan aksi tipu-tipu dengan modus berpura-pura sebagai sebagai Sespri Kapolri.

Maka itu, dia pun meminta maaf dan menyesal karena telah merugikan institusi Polri, dan berjanji tak akan melakukan perbuatan jahatnya itu lagi."Mohon maaf lahir bathin Pak Kapolri karena sudah saya rugikan dan pada semua pihak yang dirugikan juga. Saya bersumpah tak akan mengulangi lagi. Terima kasih pada polisi yang sudah menangkap saya, ini banyak hikmah buat saya pribadi," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7304 seconds (0.1#10.140)
pixels