Pj Gubernur Jabar Lantik Pj Wali Kota Bekasi Masa Kerja 20 Hari

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 20:30 WIB
Pj Gubernur Jabar Lantik Pj Wali Kota Bekasi Masa Kerja 20 Hari
Pj Gubernur Jabar Lantik Pj Wali Kota Bekasi Masa Kerja 20 Hari
A A A
BEKASI - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, M Iriawan mencopot jabatan Penjabat Wali Kota Bekasi R Ruddy Gandakusumah di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Jumat (31/8/2018). Posisi Ruddy digantikan Toto Muhammad Taha untuk menjabat Pj Wali Kota Bekasi selama 20 hari kedepan.

Pencopotan Ruddy berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 131.32-5801 Tahun 2018 tentang Pemberhentian Pejabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Yang mana diusulkan oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat M.Iriawan lantaran Jawa Barat membutuhkan sosok Kepala Kesbangpol menyambut Pemilu 2019 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Iriawan menampik penggantian Ruddy dengan Toto karena dipicu polemik yang terjadi di Pemerintahan Kota Bekasi. Namun pihaknya menginginkan agar Ruddy fokus sebagai Kepala Kesbangpol Jawa Barat.“Saya butuh dia di posisi Kesbangpol,” katanya.

Karena, lanjut Iriawan, sosok Ruddy sangat penting di Pemprov Jawa Barat. Apalagi, 23 September kampanye sudah dimulai. Sehingga,
kembalinya Ruddy sebagai Kesbangpol diyakini bisa membantu dirinya dalam mengawal cipta kondisi menjelang Pileg dan Pilpres.

Sebagaimana tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) Kesbangpol, Ruddy diwajibkan memantau situasi politik di kalangan masyarakat menjelang Pilpres dan Pileg pada 2019 di wilayah Jawa Barat. Kesbangpol juga berperan dalam melakukan pembinaan kepada para lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Jawa Barat.

Bahkan posisi Kesbangpol sebagai pemberi informasi atau intelijen pemerintahan yang diteruskan ke Gubernur Jawa Barat tentang persoalan yang terjadi di masyarakat. Ditambah, tentang situasi di lapangan semenjak Ruddy menjabat sebagai Pj Wali Kota Bekasi agak tersendat atau tidak update.

Sementara itu Ruddy Gandakusumah tidak mempersoalkan adanya penggantian posisinya itu. Dia mengaku, sebagai birokrat harus melaksanakan perintah pimpinan demi berjalnnya roda pemerintahan.“Saya ditugaskan di mana saja selalu siap, karena ini sudah perintah pimpinan,” kata Ruddy.

Di tempat yang sama, Toto Mohamad Toha mengaku tidak terkejut mendapat tawaran menjadi Pj Wali Kota Bekasi, meski keputusan itu diterimanya sehari sebelum pelantikan.“Kemarin sore informasi itu saya terima dari Pak Pj Gubernur Jawa Barat,” kata Toto.

Toto mengatakan, di hari pertama menjalankan tugasnya, dia akan menggelar rapat bersama dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Bekasi. Meski masa tugasnya tidak genap sebulan atau sampai 20 September 2018, dia akan melaksanakan amanah yang diembannya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4475 seconds (0.1#10.140)