Hilangkan Bau Menyengat, Kali Item Akan Disemprot Cairan Khusus

Jum'at, 27 Juli 2018 - 19:44 WIB
Hilangkan Bau Menyengat, Kali Item Akan Disemprot Cairan Khusus
Hilangkan Bau Menyengat, Kali Item Akan Disemprot Cairan Khusus
A A A
JAKARTA - Berbagai cara dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI agar bau menyengat di Kali Item, Kemayoran, bisa hilang. Setelah ditutup jaring, Pemprov DKI akan menggunakan cairan khusus untuk mereduksi aroma tak sedap di kali itu.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Teguh Hendarwan mengungkapkan, penggunaan cairan khusus akan diuji coba besok. (Baca juga: Puluhan Kali Hitam Bakal Dibersihkan, DKI Siapkan Perda)

"Secara teknis tadi sudah disampaikan kepada kami, besok akan ke lapangan kita akan coba. Metode ini dengan bahan cairan tertentu untuk mengurangi bau," kata Teguh di Balai Kota, Jumat (27/7/2018).

Teguh mengaku belum mengetahui persis pemakaian cairan tersebut. Namun, tim Dinas SDA DKI akan melakukan penyemprotan di Jembatan Marto Kemayoran.

"Kami fokus di Jembatan Marto yang kami pasangi jaring. Kami fokus di situ dulu, kan 700 meter," kata dia. (Baca juga: Soal Kali Item, Anies Sebut karena Terima Warisan Masa Lalu)

Diketahui, Pemprov DKI berjibaku mengurangi bau menyengat di Kali Item untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. Kali Item berada persis di belakang Wisma Atlet Kemayoran.

Pemprov telah menganggarkan Rp580.833.000 untuk pembelian jaring penutup. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, dana tersebut bersumber dari APBD 2018 yang dikelola oleh Dinas Sumber Daya Air. (Baca juga: Sandi Beberkan Anggaran Pemasangan Jaring di Kali Item)

Teguh mengungkapkan, banyak perusahaan swasta maupun perorangan mendatangi dinas SDA untuk menawarkan metode-metode yang dirasa bisa menghilangkan aroma tidak sedap tersebut. Salah satu metode yang ditawarkan yakni penggunaan cairan khusus tersebut.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7466 seconds (0.1#10.140)