Butuh Waktu 8 Tahun untuk Normalisasi Kali, DKI Minta Bantuan Pengembang Perumahan

Minggu, 18 Oktober 2020 - 16:00 WIB
loading...
Butuh Waktu 8 Tahun untuk Normalisasi Kali, DKI Minta Bantuan Pengembang Perumahan
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta peran serta pengembang perumahan membantu normalisasi kali di Jakarta.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta membutuhkan waktu delapan tahun untuk melaksanakan program normalisasi kali di Ibu Kota. Para pengembang perumahan pun diminta terlibat aktif membantu Pemprov mempercepat program pengerukan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, program pengerukan sungai, waduk, setu dan sebagainya terus dilakukan di lima wilayah kota untuk mengendalikan banjir saat musim hujan. Politisi Partai Gerindra itu menuturkan, setidaknya ada 4,5 juta m3 yang harus dikeruk dan saat ini baru selesai sekitar 11 persen atau 500.000 m3.

"jadi ini membutuhkan waktu delapan tahun kalau menurut hitungan sederhana dengan kapasitas sekarang itu," kata Ariza saat Kerja Bakti Penanggulangan Banjir di Kali Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020). (Baca: Wagub DKI Minta Lurah dan Camat Data Bangunan Bantaran Kali)

Untuk mempercepat pengerukan tersebut, Ariza menuturkan, pihaknya akan menambah jumlah alat berat dan meminta keterlibatan masyarakat, instansi lain termasuk dengan pemerintah pusat. Selain itu, dia juga meminta dukungan dari pihak swasta, khususnya para developer.

"Kita butuh dan dukungan dari pada pihak swasta khususnya para developer yang juga mohon maaf mengakibatkan banjir di sekitarnya," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)